Mengenal Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Wortel untuk Kesehatan

DEPOK POS – Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil panen sayuran dan buah-buahan yang sangat tinggi contohnya adalah wortel (Daucus carota). Wortel merupakan tanaman sayuran yang dibudidayakan sepanjang tahun terutama di daerah pegunungan dengan suhu udara dingin dan lembab pada ketinggian kurang lebih 1200 m dalam permukaan laut. Tanaman wortel juga membutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh di segala musim.

Perkembangan zaman telah membawa tuntutan konsumen yang selalu menginginkan banyak inovasi baru dalam pengolahan makanan. Sedangkan tingkat konsumsi wortel hanya digunakan pada olahan sayuran. Hal inilah yang menimbulkan sebuah gagasan baru berupa potensial untuk pemasaran inovasi produk olahan wortel.

Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin lain seperti vitamin B dan E. Di dalam wortel terdapat kandungan seperti vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata. Komponen utama wortel lainnya adalah beta-karoten. Setelah mengonsumsi wortel, betakaroten yang masuk ke dalam sistem pencernaan berubah menjadi vitamin A. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa betakaroten dapat melawan radikal bebas berupa penyebab kanker. (Widiyanti, 2010)

Berdasarkan komposisi zat gizi yang terkandung dalam wortel, setiap zat gizi mempunyai manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat tersebut antara lain:

Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Wortel mempunyai Kandungan di dalamnya seperti mineral berupa kalium, kandungan mineral ini berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam di dalam darah. Berikut di antaranya cara penggunaan dan pemakaian wortel adalah:

BACA JUGA:  Rokok Elektrik dan Rokok Batangan, Apakah Sama Bahayanya?

• Ambil 500 gram wortel setelah itu cuci sampai bersih
• Lalu potong-potong wotel dengan ukuran sedang
• Setelah itu tambahkan sedikit air kemudian haluskan menggunakan blender
• Terakhir saring wortel kemudian minum, lakukanlah cara tersebut secara rutin 3 kali sehari

Menghaluskan wajah dan Mencegah kanker

Wortel juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit anda. Cara pemakaiannya cukup dengan mengambil 2-3 wortel yang sudah dikupas bersih, kemudian cuci dan haluskan. Lalu oleskan wortel yang sudah dilarutkan tadi kepada wajah sebagai masker dan tunggulah sampai kering, setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

Dan wortel mempunyai kandungan yang besar pada beta karoten rata – rata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan agar tubuh kita mempunyai zat karoten anatara 15.000 – 25.000 IU perhari, hal itu terjadi karena kandungan beta karoten yang tinggi yang mampu mencegah penyakit kanker. Pencegahan tersebut karena adanya sifat antioksida yang mampu melawan kerja destruktif sel – sel kanker.

Memperbaiki sistem pencernaan

Wortel yang berwarna kuning mengandung karoten yang dapat memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsi wortel setiap hari sebagai jus adalah cara yang efektif untuk mencegah dan menyembuhkan gangguan pencernaan. Selain itu, jus wortel dipercaya dapat menghilangkan efek penyakit hati karena mengandung vitamin A yang dapat mengurangi jumlah empedu dan lemak di hati.

BACA JUGA:  Indonesia Darurat Sampah Makanan? Ketahui Dampak dan Cara Pencegahannya!

Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan

Wortel merupakan sayuran buah yang kaya akan vitamin A dalam bentuk betakaroten (sejenis karotenoid) yang dapat meningkatkan kesehatan mata Vitamin A ini dapat membantu mata untuk dapat melihat. Vitamin A dapat melakukan dengan membantu mengubah cahaya yang diterima mata menjadi sinyal yang dapat dikirim ke otak. Ini memungkinkan orang melihat dalam cahaya redup.

Saat kita mengonsumsi wortel yang mengandung betakaroten, tubuh dapat mengubah betakaroten tersebut menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini bisa ditemukan di dalam sel-sel mata yang dapat kita sebut dengan sel batang. Sel-sel inilah yang mengubah cahaya menjadi gambar di otak, dan memungkinkan kita untuk melihat sesuatu dalam cahaya yang redup.

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa vitamin A diperlukan untuk penglihatan. Kekurangan vitamin A yang parah dapat menyebabkan penyakit mata dan kebutaan. Vitamin A terbagi dalam dua bentuk :

Retinoid. Adalah bentuk vitamin A yang biasanya ditemukan dalam makanan hewani seperti hati, minyak ikan (seperti minyak ikan cod), dan mentega. Makanan yang mengandung retinoid dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi terlalu banyak vitamin A, dan hal tersebut tidak baik. Kelebihan vitamin A tersebut dapat menyebabkan kecanduan dan meningkatkan risiko terjadinya kanker.

BACA JUGA:  Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Karotenoid (beta-karoten). Biasanya ditemukan dalam makanan nabati seperti wortel, brokoli, ubi jalar, labu, dan sayuran berdaun hijau. Karotenoid ini dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Berapa banyak jumlah betakaroten yang akan dikonversi tergantung dari seberapa banyaknya kadar vitamin A yang sudah ada dalam tubuh Anda. Tubuh tidak mengubah beta-karoten menjadi vitamin A saat tubuh tidak membutuhkannya. Sehingga, jika terjadi kelebihan vitamin A dalam bentuk beta-karoten tidak akan membuat kita keracunan

Menurunkan kolesterol darah

Wortel juga mengandung pektin yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan serat wortel yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah sembelit. Selain itu kandungan kalium dalam wortel juga berfungsi menetralkan asam dalam darah dan kandungan vitamin A juga dapat berfungsi membantu hati bekerja menghilangkan toksin didalam tubuh. Penelitian memaparkan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi wortel akan mempunyai resiko kecil terkena kanker paru-paru walaupun mereka adalah seorang perokok aktif, penurunan resiko ini telah disurvey terdapat sebesar 11 % pada tahun 1979 di scotlandia dengan mengkonsumsi wortel yang masih mentah sebanyak 7 ons setiap hari.

Penulis: Kayla Niken Pusparini

Pos terkait