Meningkatkan Brand Awareness Pada UMKM Melalui Pengunaan SEO

DEPOKPOS – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya berdampak pada adanya perubahan pada aspek sosial, ekonomi, dan politik, tetapi juga berdampak pada perubahan gaya hidup dan gaya komunikasi. Jika sebelum adanya revolusi industri masyarakat melakukan proses jual beli secara langsung di pasar, namun dengan adanya era digitalisasi yang terjadi saat ini memudahkan masyarakat dalam melakukan proses berniaga karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Kemunculan website E-commerce pertama kali di Indonesia adalah sanur.com di tahun 2016, yang kemudian diikuti dengan kehadiran website jual beli online lainnya yaitu bhineka.com, namun adanya krisis moneter menghambat perkembangan di Indonesia pada saat itu.

BACA JUGA:  Ide Ekonomi Kreatif di Indonesia

Seacrh engine optimization adalah sebuah upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah usaha pada mesin pencari, selain itu seo juga membantu para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk barang atau jasa yang dimilikinya, melalui seo promosi yang dilakukan sifatnya lebih heterogen sehingga berpotensi untuk menarik minat pembeli, adanya algoritma pada preferensi konten di media sosial juga merupakan salah satu teknik yang diterapkan oleh seo dalam promosi, selain itu terdapat kata kunci yang merupakan salah satu teknik dalam seo untuk mempermudah konsumen mengakses produk yang dijual.

BACA JUGA:  Mengembangkan Strategi Penetapan Harga

Salah satu jenis usaha yang tepat untuk menggunakan seo sebagai bagian dari strategi marketing adalah UMKM. Salah satunya adalah produk Bandrek yang dijual oleh pelaku UMKM di kota Bandung Barat. Sebagai masyarakat yang hidup di era keterbukaan informasi, penting bagi seluruh individu untuk dapat beradaptasi dengan teknologi digital. Pasalnya apabila kemudahan akses informasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya para pelaku bisnis, maka akan berpotensi meningkatkan angka penjualan produk apabila dipasarkan melalui online, karena mengingat sebanyak 70 persen masyarakat di Indonesia merupakan pengguna internet.

BACA JUGA:  Mengenal Gaji dan Implementasinya

Rachel Ariani Imanuel
FAKULTAS: Ekonomi dan Bisnis
UNIVERSITAS PAMULANG

Pos terkait