Menjaga Kehormatan Muslimah

DEPOK POS – Islam sangat menjaga wanita dari perihal yang besar hingga perihal yang kecil. Wanita merupakan orang yang paling diperhatikan dalam islam. Wanita juga merupakan kunci kebaikan bagi umat islam. Wanita bagaikan batu bata yang dimana nantinya ia akan melahirkan generasi genarasi penerus bangsa, yang melahirkan genarsi penghafal quran, dan yang melahirkan penurus dakwah islam. Demikian sebaliknya apabila wanita itu rusak maka akan rusak pula generasi penerusnya. Maka dari itu kamu sebagai wanita jagalah kehormatanmu, tutupi aurat mu sebagaimana islam mengajarkan dan menjelaskannya dalam alquran surah alahzab ayat 59 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

BACA JUGA:  Ini yang Harus Diperhatikan Muslimah yang Bekerja Diluar Rumah

Artinya :
Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dari ayat diatas dapat kita simpulkan bahwa salah satu cara untuk menjaga kehormatan wanita ialah menutup aurat. Contohnya seperti memakai hijab yang menutup dada, memakai baju yang tidak membentuk lekuk tubuh. Kemudian hal lain untuk menjaga kehormatan wanita ialah dengan tidak berias atau menggunakan kosmetik secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan banyak lelaki yang terpikat sehingga terjadi hal hal yang tidak diinginkan, beda halnya berrias didepan suami. Apabila berhias dengan cantik didepan suami sendiri maka wanita tersebut akan mendapatkan berlimpah pahala. Dengan menjauhi hal hal yang dilarang dalam agama maka kita telah menjaga kehormatan wanita.

BACA JUGA:  10 Makna dan Pembiasaan Amalan pada Bulan Rajab

Kemudian, setelah memabahas kehormatan yang harus dijaga seorang wanita kita akan membahas tentang keistimewaan seorang wanita. Wanita adalah orang yang mengandung seorang anak 9 bulan lamanya. Sakit dan lelah yang ia rasakan, namun Allah membalas sakit dan lelah tersebut menjadi surga yang ada di telapak kakinya. Setiap anak yang dilahirkan kemudian berbakti pada dirinya maka surga lah yang anak terebut dapatkan dari ibunya. Tidak hanya itu wanita juga merupakan guru pertama bagi anak anaknya. Ibulah yang mengajarkan berbagai hal kepada anaknya, mulai dari ia tidak bisa berbicara hingga lancar berbicara didepan orang banyak. Ibulah yang menjaga anak anak dari bangun tidur hingga terlelap kemabali.

BACA JUGA:  Bagaimana Pandangan Hukum Islam tentang Operasi Kecantikan?

Oleh karena itu kita sebagai seorang wanita harus terus menjaga kehormatan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dan terus bersyukur atas keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT.

Sonia nadhila putri
STEI SEBI

Pos terkait