Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Modifikasi Otomotif

MJ, Jakarta – Kementerian Perindustrian terus mendukung aktivitas industri modifikasi kendaraan di Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan berbagai kreativitas dan inovasinya. Sektor industri modifikasi otomotif yang semakin marak saat ini telah memberikan nilai tambah dan efek berganda terhadap berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket di dalam negeri, terutama yang berskala industri kecil dan menengah (IKM), bahkan membuka peluang bagi pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik.

“Saya berharap semangat dan mimpi para modifikator di Indonesia turut berperan menjadi motor dalam mewujudkan visi kita dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air. Tentunya upaya ini dengan mengkolaborasikan antara kreativitas dengan inovasi serta keragaman budaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan karya-karya modifikasi yang mampu bersaing di ajang internasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Press Conference Pre Event “Saber Great of Indonesia” ke Osaka, Jepang, di Jakarta, Rabu (24/1).

Menperin mengemukakan, industri otomotif berbasis modifikasi ini tumbuh karena bermula dari hobi. Menurutnya, modifikasi merupakan hobi yang keren karena mempunyai potensi ekonomi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, bisa didorong untuk menjadi sebuah industri tersendiri. “Untuk industri ini juga perlu adanya pengembangan ekosistem, khususnya yang berbasis inovasi,” ungkapnya.

Agus menegaskan, pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang secara konsisten aktif mengembangkan industri otomotif berbasis modifikasi dengan menyelenggarakan pameran di tanah air maupun berpartisipasi di ajang tingkat internasional. “Kami juga bangga kepada pelaku industri modifikasi atau modifikator atas dedikasi dan kontribusinya yang menjadikan dunia modifikasi begitu menarik dan berkembang dengan pesat,” tuturnya.

BACA JUGA:  Dukungan untuk Haris dan Fatia Terus Mengalir di PN Jaktim

Pada tahun lalu, Menperin ikut membuka secara resmi penyelenggaraan Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023, yang diinisiasi oleh NMAA. “Saya melihat betul kreativitas dan semangat yang tinggi anak bangsa dalam menciptakan karya maupun produk inovatif yang luar biasa di bidang otomotif dalam pameran tersebut. Saya juga sangat menantikan IMX tahun ini, dapat kembali memberikan surprise bagi saya dengan produk-produk inovatif dan modifikasi yang jauh lebih hebat,” ujarnya.

Terkait pameran internasional Osaka Auto Messe di Jepang pada tanggal 10-12 Februari 2024, Menperin meyakini bahwa partisipasi NMAA di ajang bergengsi tersebut merupakan bagian penting dari agenda IMX 2024 “Road to the World” yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober tahun ini. Menperin juga berpesan kepada NMAA agar selalu semangat untuk mempromosikan industri modifikasi Indonesia kepada dunia internasional.

“Tunjukkan kemampuan dan kreativitas karya anak bangsa. Tingkatkan rasa bangga kita atas keragaman budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Jadikan keragaman yang kita miliki menjadi ide-ide kreatif modifikasi yang tidak dimiliki oleh negara lain. Nilai-nilai positif ini lah yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia,” paparnya.

BACA JUGA:  Acara Jalan Sehat HUT Himpaudi ke-18, Bupati Sidoarjo Berikan Hadiah

Pada kesempatan ini, Menperin memberikan tantangan kepada para modifikator untuk mendukung terciptanya kendaraan yang rendah emisi. Hal ini sebagai wujud nyata dalam mengakselerasi penurunan emisi gas rumah kaca.

Founder NMAA Andre Mulyadi menyatakan, IMX akan memasuki babak baru dalam sejarahnya dengan membawa serie pertamanya di Osaka Auto Messe. Serie pertama akan dibuka dengan mengusung tema “Saber Great of Indonesia”. Kegiatan ini menjadi ajang pemanasan jelang event besar IMX 2024 “Road to The World” yang akan digelar pada 4-6 Oktober di ICE, BSD.

“Kami secara simultan terus mendorong industri otomotif khususnya modifikasi nasional. Serie pertama IMX 2024 di Osaka Auto Messe nanti diharapkan tidak hanya mendorong produk-produk terbaik lokal semakin maju, tetapi bisa mendorong berbagai produk-produk lokal modifikasi baru hadir dan terinspirasi dengan gerakan kreatif yang dibawa Saber Great of Indonesia ini,” terangnya.

NMAA akan membawa puluhan produk berkualitas untuk diperkenalkan ke dunia internasional melalui Osaka Auto Messe. Produk-produk tersebut di antaranya WetShine Car Care untuk perawatan otomotif berupa spray wax. Berikutnya, Turbo Bastard Wheel, produk velg lokal milik Gofar Hilman ini juga akan berkolaborasi dengan Free Flow untuk menghadirkan edisi eksklusif dan terbatas di Osaka nanti.

Selain itu, Saber akan meluncurkan produk terbarunya kaca film Saber Optik. Ada pula Free Flow Kustom yang akan membawa industri kustom Indonesia dengan karya-karya tema batik dan kearifan lokal, dan beberapa produk lainnya. “NMAA juga menggandeng Shizka Prive selaku desainer batik Indonesia yang akan mendampingi produk-produk terbaik bangsa dengan membawa batik tema Batik Temptation yang akan digunakan oleh model yang berada di Booth Indonesia di Osaka nanti,” ungkap Andre.

BACA JUGA:  Hilirisasi Untung Atau Buntung?

Dalam kampanye “Saber Great of Indonesia” tahun ini, NMAA akan membawa satu unit mobil terpilih milik Saber Industries, yaitu Mitsubishi Evolution IX yang merupakan salah satu The Ultimate dalam program pilihan mobil modifikasi terbaik melalui kurasi internasional di IMX. Mitsubishi Evolution IX tersebut dimodifikasi oleh coach builder Saber Industries selaku produsen lampu lokal terbaik di Indonesia.

Kolaborasi ini juga bersama builder lampu Yoong Motor Indonesia dan beberapa modifikator lainnya seperti Premium Auto Wrap dan seniman lokal Free Flow yang membuat mobil EVO ini akan tampil berbeda di Negeri Sakura dengan berbalut batik penuh sentuhan kearifan lokal khas Indonesia.

“Kami sangat berbangga bisa menjadi wakil Indonesia di Osaka Auto Messe. Saber Industries akan memberikan terus yang terbaik untuk industri modifikasi Indonesia, baik produk lampu berkualitas maupun mobil modifikasi terbaik yang bisa mengharumkan para modifikator Indonesia di ranah Internasional,” ucap CEO Saber Industries, Vincent Mergonoto.

Pos terkait