Menumbuhkan Akhlak Mulia

DEPOKPOS – Adab merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Kesopanan, etika, moral atau perilaku yang baik merupakan adab. Kata adab dalam kamus Bahasa Arab memiliki arti kesopanan.

Adab dapat disebut juga sikap, kesopanan, perilaku beradab, berbudi pekerti, perbaikan akhlak, moral, etika, adab serta tata cara pergaulan. Adab menjadi hal yang tertanam dalam diri manusia.

Manusia yang berperilaku baik disebut manusia beradab. Sedangkan manusia yang berperilaku buruk biasa disebut dengan manusia tidak beradab. Pada zaman modern ini, telah banyak ditemukan masyarakat dengan perilakunya yang belum mencerminkan adab yang baik.

Mulai dari remaja hingga sampai dengan dewasa. Mahasiswa merupakan sosok generasi muda yang memiliki tanggung jawab terhadap masa depan bangsanya untuk membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Mahasiswa diasah intelektualitasnya serta dibekali dengan skill yang memadai. Tujuannya agar generasi memandang mampu bersaing dengan bangsa lain. Dalam konteks globalisasi yaitu suatu keadaan dimana tatanan kehidupan masyarakat tanpa batas waktu dan tempat.

Dalam kalangan muda yang berumur 18 sampai 25 tahun yang memang dalam usia tersebut mengalami suatu peralihan dari tahap remaja ke tahap dewasa. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak cepat dan tepat serta berpikir kritis.

Mahasiswa seharusnya dapat menjadi contoh yang baik di kampus maupun di masyarakat. Namun, faktanya masih ada mahasiswa yang belum memahami dan menerapkan perilaku beradab dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, adab sangat penting dalam kehidupan, baik dalam masyarakat maupun kampus.

Untuk mewujudkan akhlak baik mahasiswa, STEI SEBI menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) yang dapat memberikan dampak positif bagimahasiswa dan orang yang berada di sekitarnya.

BACA JUGA:  Kapan Waktunya Mengeluarkan Zakat Profesi?

5S merupakan budaya dari mahasiswa STEI SEBI yang selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat adab berbicara dengan dosen, cara berpakaian dan lain-lain. Dapat dibayangkan bagaimana jika kampus tanpa adab akan sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Akhlak baik merupakan tindakan atau perbuatan yang bagus. Sementara itu, akhlak buruk merupakan tindakan yang jelek dan merugikan diri sendiri juga orang lain. Akhlak baik merupakan akhlak Islami yang membawa kebaikan dan juga memberi keuntungan bagi orang lain.

Terdapat berbagai cara untuk mewujudkan akhlak baik. Salah satunya terhadap mahasiswa. Berbaik sangka pada diri sendiri serta dengan orang lain termasuk ke dalam cara mewujudkan akhlak baik itu sendiri.

Dengan berbaik sangka, kita dapat menanamkan pada dirisendiri untuk selalu percaya diri dan juga percaya jika kegagalan yang dialami hari inimengandung hikmah yang dapat kita ambil pelajarannya. Allah Swt. selalu memiliki maksud tersendiri saat memberikan cobaan bagi para umatnya.

Menaati syariat agama merupakan salah satu cara kita dalam meningkatkan kualitas akhlak menuju ke arah yang lebih baik. Menjauhi hal-hal yang buruk dan bertentangan dengan aturan. Membenahi cara berpakaian yang sesuai dengan syariat agama. Bagi kaum hawa, Islam memiliki aturan tersendiri dalam adab berpakaian.

Pakaian seseorang dapat menentukan kualitas diri seseorang. Semakin baik pakaian seseorang, maka cerminan sikap baik pula yang tampak. Sebaliknya, semakin buruk cara berpakaian seseorang maka orang tersebut akan dicap sebagai orang yang kurang memiliki sopan santun.

Bergaul dengan mereka yang berakhlak baik, hal ini dapat membuat kita yang tadinya masih memiliki sifat kurang terpuji dapat terbawa sifat baik, dengan sendirinya dan mampu membangun karakter diri yang berkualitas.

BACA JUGA:  Investasi Akhirat: Zakat Pondasi Kekuatan Ekonomi Umat

Menerima nasihat yang baik juga harus lebih berlapang dada dalam menerima nasihat orang lain merupakan hal yang baik dengan tujuan memperbaiki diri sekaligus untuk meningkatkan akhlak kita dalam kehidupan seharihari.

Menghadiri kajian dapat memberikan manfaat jika kita mendengarkan ceramah sebagai pengingat dan nasihat untuk berbuat baik, mendapatkan pencerahan hati dan pikiran serta menambah pengetahuan tentang solusi yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Berdasarkan pembahasan yang diambil, maka dapat mengajukan beberapa saran yang kiranya bisa dijadikan masukan dalam upaya menumbuhkan akhlak mulia. Adapun saran yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1) Mengadakan pembelajaran etika sosial saat berkomunikasi dengan orang lain. Siapa pun itu dan di tempat mana pun.

2) Mengadakan pembelajaran teladan yang selalu dilakukan. Pembentukan perilaku dengan cara modelling, sama hal nya dengan memberi teladan yang lama kelamaan dapat membentuk akhlak baik.

3) Menggunakan nilai dan budaya yang baik, memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah, memperbanyak kajian tentang keutamaan berakhlakul karimah.

4) Rajin berbuat kebaikan, berusaha konsisten dalam berbuat kebaikan yang dapat menumbuhkan akhlak yang baik pula, berbuat baik dapat berbentuk bantuan, saran, rekomendasi, empati bahkan hanya dengan tersenyum juga bisa bernilai kebaikan.

5) Membiasakan menerapkan akhlak yang baik. Pembiasaan secara berkelanjutan akan semakin meningkatkan akhlak yang baik.

6) Mengadakan kajian nasihat. Kita butuh orang lain yang dapat memberikan pengingat agar dapat kembali ke jalan yang benar. Ketika ada seseorang yang memberi nasihat dan kritik yang membanguan, kita juga harus bisa menerima dan mengaplikasikan dengan ikhlas sebab mau memperbaiki diri adalah tanda akhlak individu sudah baik.

BACA JUGA:  Ini Ciri-ciri Orang yang Paling Baik Akhlaknya

7) Menambahkan rasa takut kepada Allah Swt., larangan yang ada juga tidak sematamata dibuat untuk mempersulit dan justru larangan tersebut dapat membantu manusia untuk terhindar dari hal yang negatif.

8) Memberikan penilaian terhadap perilaku. Akhlak adalah komponen penting yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Akan tetapi, manusia harusnya hidup dengan akhlak yang baik sehingga diperlukan niat dan motivasi yang kuat untuk terus belajar agar terhindar dari sikap dan perilaku yang menunjukan akhlak tercela.

9) Membenarkan akidah, mengokohkan iman, memperbaiki akhlak dengan beribadah, membaca Al-Qur’an, memperbaiki akhlak dengan bersabar, mempelajari perjalanan hidup nabi, mengunjungi orang yang berakhlak mulia, memperbaiki akhlak dengan kehidupan di akhirat dan melatih diri sendiri.

Akhlak bukan saja merupakan tata aturan atau norma yang mengatur hubungan sesama manusia, tetapi juga norma yang mengatur hubungan antara manusia dengan tuhan dan bahkan dengan alam semesta sekalipun.

Akhlak tertanam dalam jiwa manusia, sehingga dia akan muncul secara spontan bilamana diperlukan, tanpa memerlukan pemikiran atau pertimbangan terlebih dahulu serta tidak memerlukan dorongan dari luar.

Jangan biarkan dirimu larut hingga terlalu keruh. Percayalah kita manusia tak pernah dinilai dari seberapa besar perubahan kita tetapi sejauh mana kita mau berusaha melakukan yang terbaik untuk orang lain dan juga diri kita.

Dunia bibit berhak tumbuh sebagaimana kita bersama-sama mengisi dunia dengan kebaikan, bersama-sama tumbuh dan mengubahnya menjadi taman bunga yang penuh warna.

Ketika sudah bahagia dengan dirimu sendiri atau bisa dibilang damai dengan dirimu sendiri tahu kapasitasmu dimana. Tidak ada yang tidak mungkin semua berakhir selesai.

Nisaut Tazkiyah

Pos terkait