Momen Menjadi Muslimah Versi Terbaik

DEPOKPOS – Sudah semestinya, tahun baru kita maknai menjadi momen untuk melakukan muhasabah. Momen yang membawa kita untuk berupaya menjadi Muslimah dengan versi terbaikHal tersebut diungkap, Pemerhati Remaja, Saffanah Ilmi dalam Kajian Remaja: Hi Mpok, New Year New Me, Ahad (21/1/2024) di Masjid Al-Ikhlas Depok.

“Setidaknya ada dua tujuan muhasabah yakni menyadari kesalahan dan kekeliruan dalam amal perbuatan, serta bersegera menuju ketaatan pada hukum Allah SWT,” tutur Kak Saffanah Ilmi yang akrab dipanggil Kak Ilmi.

BACA JUGA:  Ibadah dan Keajaibannya

Kak Ilmi juga menyampaikan bahwa konsekuensi dari muhasabah adalah menjadi Muslimah yang lebih baik. “Adapaun cara-cara menjadi Muslimah dengan versi terbaik, dengan menstandarkan seluruh perbuatan pada syariat Islam, mempelajari Islam lebih dalam, dan menciptakan lingkungan yang Islami,” jelasnya di hadapan sekitar 42 remaja se Depok.

“Tak lupa dalam setiap prosesnya kita perlu barengi dengan doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal kepada Allah. InsyaAllah dapat membantu proses kita menjadi Muslimah dengan versi terbaik diri kita,” tambahnya.

BACA JUGA:  Diamlah Jika Tak Bisa Berkata yang Baik

Di akhir pembahasan kak Ilmi juga menyampaikan dalil yang menunjukan bagaimana menjadi Muslimah versi umat terbaik yang dikutip dari Quran Surah Ali Imran ayat 110 yang artinya, “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.”

BACA JUGA:  Sambut Ramadhan, Bumikan Al-Qur’an

“Mengutip dari ayat tersebut, untuk menjadi Muslimah terbaik, kita diperintahkan untuk mengajak pada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Semoga dengan kita selalu memelihara syariat Islam, Allah akan menjadikan kita sebagai Muslimah terbaik yang akan mendapatkan keselamatan di akhirat nanti,” pungkasnya.[] Ummul Fiqri

Pos terkait