Muhammad Rifai Hasbi Sabet Juara 1 Duta Bahasa DKI Jakarta 2023

DEPOKPOS – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) Muhammad Rifai Hasbi berhasil meraih Juara 1 Duta Bahasa DKI Jakarta 2023, yang diumumkan pada Rabu (28/6) di Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Jakarta Pusat. Ia unggul atas 30 finalis lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dinobatkan sebagai pemenang oleh Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Dr. Muh. Abdul Khak, M.Hum. Dari tingkat DKI Jakarta, ia akan berkompetisi lagi di level nasional.

Sebelumnya, Rifai melalui tahap penilaian, yang mencuri perhatian dewan juri berkat keunggulan dalam menyajikan produk krida atau inovasi, yang diberi nama Telusur Bahasa. Inovasi tersebut merupakan sebuah permainan papan seri edukasi bahasa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Melayu, Betawi, Batak, dan Bugis. Uniknya, permainan ini menyatukan permainan populer monopoli dan ludo berisi kartu tantangan dan kartu sanksi dengan fitur Augmented Reality. Saat ini, produk inovasi tersebut berhasil menjangkau lebih dari 450 orang generasi muda di DKI Jakarta untuk belajar bahasa daerah.

BACA JUGA:  Childfree dalam pandangan Islam

“Penggunaan bahasa daerah dalam keseharian generasi muda saat ini makin ditinggalkan dan penggunaannya juga sangat terbatas. Minimnya pembelajaran bahasa daerah di sekolah juga turut menurunkan pengetahuan dan penggunaan bahasa daerah sehari-hari oleh generasi muda. Berangkat dari latar belakang ini, produk inovasi diciptakan dengan pendekatan kekinian sebagai wujud nyata kontribusi anak muda Indonesia dalam upaya perlindungan dan pelestarian bahasa daerah di Indonesia. Besar harapan saya, inovasi ini bisa diperluas manfaatnya hingga ke pelosok negeri, tentunya dengan dukungan semua pihak, terutama anak muda di tanah air,” ujar Rifai.

BACA JUGA:  Prilly Latuconsina Kembali Mengajar di UGM

Tahapan lainnya adalah seleksi wawancara yang diikuti 58 semifinalis. Penilaian dititikberatkan pada aspek kepribadian atau psikologi, krida kebahasaan dan kesastraan, kepemimpinan dan organisasi, wicara publik, kemampuan bahasa asing, kekritisan dan inovasi, sikap dan penampilan, serta pertunjukan seni dan budaya. Setelah proses seleksi ketat yang melibatkan 15 orang juri profesional—praktisi dan akademisi—, maka terpilih 30 finalis yang maju ke babak grand final.

BACA JUGA:  UI Pamerkan Produk Inovasi di Ajang Hannover Messe 2023

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K)., menyampaikan rasa bangga atas pencapaian tersebut. “Keberhasilan ini menjadi potret bahwa mahasiswa FKG UI tidak hanya unggul di bidang keilmuan kedokteran gigi semata, melainkan juga di bidang kompetensi lainnya. Saya berharap, dengan dinobatkannya Rifai sebagai Duta Bahasa DKI Jakarta 2023, dapat menjadi role model bagi generasi muda Indonesia untuk senantiasa melestarikan bahasa dalam bentuk literasi dan edukasi. Selamat berjuang di tingkat nasional, Rifai,” kata Dr. drg. Nia.

Pos terkait