Partai Golkar Raih Posisi Runner-Up dalam Hasil Hitung Cepat Pemilu 2024

MJ, Jakarta – Menurut hasil hitung cepat (quick count) dari beberapa lembaga survei terkemuka seperti Litbang Kompas, Indikator Politik Indonesia, LSI, Poltracking, dan Charta Politika, Partai Golkar berhasil menempati posisi kedua (runner-up) dalam perolehan suara pada Pemilu 2024. Meskipun masih di bawah PDI Perjuangan, prestasi ini menandai kebangkitan Partai Golkar dalam panggung politik Indonesia.

Pengamat politik dari Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menyatakan bahwa keberhasilan Partai Golkar dipengaruhi oleh beberapa faktor kunci. Salah satunya adalah kehadiran sosok politikus ternama, mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang menjadi magnet bagi pemilih. Menurut Agung, lonjakan suara Golkar signifikan dan mampu menggeser posisi Partai Gerindra, yang notabene memiliki figur calon presiden.

BACA JUGA:  Jarnas GAMKI GAMA Deklarasi Dukungan Ganjar-Mahfud

Faktor lain yang turut mendongkrak suara Partai Golkar adalah kehadiran kader-kader yang memiliki daya tarik tersendiri, terutama di kalangan Generasi Milenial dan Gen Z. Contohnya, di Jawa Barat, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, atau yang akrab disapa Ibu Cinta, menjadi salah satu faktor penting dalam mendongkrak suara Golkar, terutama di daerah yang sebelumnya merupakan basis PKS dan Gerindra.

BACA JUGA:  HNW: Pemerintah dan Ketua PSSI Harusnya Tolak Timnas Israel

Meskipun Ridwan Kamil sendiri tidak mencalonkan diri dalam pemilihan anggota legislatif Pemilu 2024, pengaruhnya terhadap pemilih, terutama di kalangan anak muda, tidak dapat dipandang enteng. Keberhasilan Golkar dalam menarik perhatian pemilih muda sebagian besar disumbangkan oleh citra Ridwan Kamil yang santai namun tetap memiliki substansi dalam menyampaikan pesan politiknya.

Pemilu 2024 sendiri diikuti oleh 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal sebagai peserta. Di samping itu, terdapat tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang turut berkompetisi dalam pemilihan tersebut.

BACA JUGA:  Gegap Gempita Warga Propinsi Papua Pegunungan Bersatu dalam Acara Pelantikan DPP Gercin Indonesia untuk Membangun Martabat dan Harga Diri Bersama

Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengetahui secara resmi hasil akhir Pemilu dan komposisi kekuatan politik di Indonesia.

Partai Golkar dengan prestasinya yang membanggakan ini menegaskan kembali peran pentingnya dalam dinamika politik Indonesia, serta menunjukkan bahwa kehadiran tokoh-tokoh politik yang karismatik dapat menjadi faktor penentu dalam perolehan suara sebuah partai politik.

Pos terkait