Pasca Pandemi, Investasi Proptech Makin Diminati

Pasca Pandemi, Investasi Proptech Makin Diminati

Startup proptech berhasil mengundang investasi dari konglomerat besar Indonesia

DEPOK POS – Startup proptech atau teknologi properti saat ini semakin menggeliat. Bahkan, bukan hanya mengundang investasi dari pemodal startup, startup proptech berhasil mengundang investasi dari konglomerat besar Indonesia.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Managing Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono, mengatakan bahwa industri proptech saat ini sedang berkembang karena pemulihan usai Covid-19 berbarengan dengan siklus properti 8 tahun.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Talaga Sampireun Kini Hadir di Pusat Kota Jakarta

Namun, yang dibutuhkan oleh masyarakat per wilayah berbeda, tergantung daerah.

“Untuk primary housing [langsung dari developer], kemudahan KPR, kemudahan pengajuan legalitas dan kualitas tempat tinggal yang banyak dicari,” kata Wesley.

Pada kondisi ini, perusahaan startup melihat peluang bagus untuk meluncurkan ide bisnis mereka yang kemudian disambut dengan antusiasme perusahaan konglomerat, sebagai mitra dan investor.

BACA JUGA:  Fokus Pada Akselerasi, Perumnas Capai Pertumbuhan Industri Properti di 2024

Ditambah lagi, berdasarkan data BPS, pemerintah menargetkan peningkatan keluarga yang menempati rumah layak huni dari 56,7 persen menjadi 70% atau 11 juta rumah tangga hingga tahun 2024.

Co-founder dan Chief Commercial Officer Tanaku Alwin, mengatakan Indonesia saat ini sedang menghadapi krisis hunian, terutama para millennial di Indonesia.

BACA JUGA:  Digitalisasi Warung oleh Mitra Bukalapak Jangkau Pelosok Tanah Air

Sekitar 12,75 juta milenial Indonesia tidak mampu memiliki hunian sendiri dan bahkan tidak masuk dalam target pembeli properti.

Ketidakmampuan para milenial ini untuk memiliki hunian sendiri, menyebabkan mereka terjebak dalam putaran sewa menyewa properti.

Dari sinilah peluang itu masuk, siapa yang bisa memberikan solusi dari permasalahan tersebut, akan berhasil meraih pasar milenial dengan memberikan solusi proses kepemilikan hunian di Indonesia jadi lebih mudah dan terbuka bagi siapa saja. []

Pos terkait