Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi di Wilayah Sumbawa

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi di Wilayah Sumbawa

DEPOK POS – Seperti yang kita tahu bahwa media sosial memiliki peran penting dalam tersebarnya informasi secara cepat dan meluas. Media sosial menjadi wadah yang digunakan untuk berkomunikasi, berinteraksi maupun berpartisipasi secara virtual.

Media sosial memberikan dampak positif dan negatif tergantung dari penggunanya. Pengguna media sosial selalu meningkat tiap tahunnya, dimana mayoritas Gen Z pasti menggunakan yang namanya media sosial untuk memperluas pertemanan/bisnis secara virtual. Disini kami akan membahas tentang media sosial yang digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi secara cepat kepada masyarakat luas khususnya di wilayah Sumbawa.

Di Sumbawa sendiri ada sebuah akun Media Sosial yang digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi mengenai wilayah Sumbawa, akun tersebut bernama Semaras Sia. Dimana berita atau informasi yang disampaikan sebanyak 90% untuk berita Sumbawa dan 10% untuk berita umum lainnya (seputar NTB dan nasional).

BACA JUGA:  Strategi Penerapan Bisnis dengan Digital Marketing

Dari akun instagram Semaras Sia ini masyarakat dapat mengetahui berita atau peristiwa penting apapun yang terjadi di sumbawa secara cepat. Asal mula terbentuknya akun Semaras Sia dibuat karena iseng-iseng dari pemiliknya yang bernama “Fhakhrurrizki” yang sebelumnya pun sudah pernah membuat akun lain dengan nama Samawa Maras bersama 11 teman tongkrongannya.

Kemudian, setelah berjalan 1,5 tahun Fhakhrurrizki memutuskan keluar dari pengelola akun Samawa Maras tersebut dan kemudian iseng-iseng membuat akun baru dengan nama Semaras Sia dan nama adminnya “Nyemin”.

Dengan berjalannya waktu dan proses membangunan akun baru dari 0 dilakukan hingga sekarang tahun 2023 akun Semaras Sia memiliki 44,9 RB pengikut di instagram dan tepatnya pada 11 januari 2023 akun Semaras Sia sudah berjalan selama 5 tahun.

Dengan proses yang panjang akun Semaras Sia menjadi akun yang sangat dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Sumbawa. Dengan adanya akun ini dapat kita lihat betapa penting dan besarnya pengaruh media sosial dalam tersebarnya informasi di Sumbawa.

BACA JUGA:  Merasa Kurang Pede? Lakukan 7 Hal Ini!

Ketika suatu akun media sosial sudah memiliki nama (brandnya sendiri) atau dengan kata lain dikenal oleh khalayak ramai maka dengan mudah segala informasi yang diberikan akan sampai kepada masyarakat, tentunya berita yang disampaikan adalah fakta dan dapat mudah untuk diterima dimasyarakat.

Selain menjadi nama akun instagram, Semaras Sia sekarang berkembang menjadi beberapa brand lain mulai dari Maras project (produk baju), Youtube (Maras Project Studio) yang berisi lagu-lagu sumbawa, Maras Cell, dan Maras Khitchen.

Bisa kita lihat betapa besarnya pengaruh perkembangan teknologi informasi pada media sosial sekarang ini. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi ini membuat kita dengan mudah mengakses atau pun mendapatkan segala informasi yang kita inginkan dan membuat brand yang dikelola menjadi lebih mudah untuk berkembang.

BACA JUGA:  Membangun Kekuatan Tim, Kunci Kesuksesan Kolaborasi dalam Bisnis

Berikut ini beberapa dampak positif dan dampak negatif dari penyebaran informasi melalui media sosial, yaitu :

Dampak negatif :
⦁ Adanya penyebaran berita hoax
⦁ Penyebaran berita yang mengandung unsur SARA

Dampak postif :
⦁ Memudahkan proses mendapatkan informasi
⦁ Informasi yang dibagikan tersebar dengan cepat
⦁ Memudahkan interaksi sosial

Dari penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa perkembangan teknologi pada media sosial tidak hanya berdampak negatif saja seperti yang sudah tertanam dalam pikiran sebagian besar masyarakat. Tetapi media sosial juga berdampak positif, seperti halnya dalam penyebaran-penyebaran informasi/berita terkini yang mudah untuk diakses oleh setiap orangnya.

Penulis : Rabiyatunnisah, Savitri Sunariany Utami, Lina Anggraeni
Mahasiswi Program Studi Informatika, Universitas Teknologi Sumbawa

Pos terkait