Pemanfaatan Mikrokontroler Arduino sebagai Sistem Kendali Otomatis Smarthome

DEPOKPOS – Kemajuan di bidang teknologi meningkatkan efektifitas dan hemat energi listrik bagi masyarakat. Di Era Revolusi Industri 5.0 saat ini, Teknologi mikrokontroler sangat berkembang pesat.

Salah satu nya adalah model teknologi Smart Home. Sistem kendali otomatis smart home, merupakan salah satu kemajuan teknologi di bidang mekanik dan elektronika baik digital maupun analog, dengan mengitegrasikan smartphone sebagai remote untuk menyalakan dan mematikan peralatan listrik tertentu dengan menggunakan arduino sebagai main control.

SMAS IT Darussalam Pipitan merupakan Sekolah Menegah Atas (SMA) swasta yang berada di Kota Serang, yang didirikan pada tanggal 30 April 2013. Siswa/i SMAS IT belum begitu memahami perkembangan teknologi di jaman sekarang ini, terutama pada pemanfaatan penggunaan mikrokontroler Arduino sebagai sistem kendali otomatis.

BACA JUGA:  UI Raih Dua Penghargaan Kategori Capaian Indikator Kinerja Utama Terbaik 2022

Penggunaan mikrokontroler sebagai sistem kendali, yang mudah di gunakan untuk pemula dalam membangun teknologi smart home berupa pengendalian lampu ruangan, pintu otomatis dan peralatan rumah lainnya.

Maka dari itu, hal inilah yang melatar belakangi 3 dosen dan 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Komputer dan Sistem Informasi Universitas Sutomo yang beralamat di Jl. Raya Jakarta Km 5 No.6, Kalodran, Kec. Walantaka, Kota Serang, Banten 42183 untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang di ketuai oleh Asep Suryadi, S.Kom., M.Kom dan rekan-rekan dosen lainnya diantaranya Andi Romansyah, S.Kom, M.Kom., Agus Suhendi, S.Kom, M.Kom., dan Mahasiswa-mahsiswi prodi sistem komputer.

BACA JUGA:  FMIPA UI dan The University of Nebraska Kaji Kendala Panen di Indonesia

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah salah satu wujud bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi; yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, kami Tim PKM memberikan pelatihan kepada siswa/i SMAS IT Darussalam Pipitan dengan tema kegiatan: “PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ARDUINO SEBAGAI SISTEM KENDALI OTOMATIS SMART HOME”.

BACA JUGA:  Dicari! Dekan Baru untuk Fakultas Hukum UI

Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2023 di ikuti 30 siswa/i dan syukur alhamdulillah acara ini telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari kepala sekolah SMAS Darussalam Pipitan yaitu bpk Aang Kunaefi, S.Pd.I. Materi yang kami berikan yaitu memberikan pelatihan bagaimana cara membuat sebuah sistem prototype smart home dengan mikrokontroler arduino sebagai sistem kendali otomatis.

Harapan kami kedepannya dengan pelatihan ini siswa/i SMAS Darussalam Pipitan Kota Serang dapat membuat sebuah sistem otomatisasi dengan sistem kendali mikrokontroler Arduino.

Pos terkait