Pendaftaran Beasiswa S1 Universitas Pertamina untuk Putra-Putri Natuna Dibuka

Pendaftaran Beasiswa S1 Universitas Pertamina untuk Putra-Putri Natuna Dibuka

Beasiswa ini akan memberikan kesempatan bagi 15 orang putra-putri Natuna untuk kuliah gratis S1 di Universitas Pertamina.

DEPOKPOS – PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pembangunan pendidikan berkualitas melalui program Pertamina Cerdas. Mendukung komitmen tersebut, Pertamina Foundation sebagai perpanjangan tangan CSR PT Pertamina (Persero) bersama Universitas Pertamina membuka akses pendidikan bagi putra-putri Natuna lewat Beasiswa Sobat Bumi Natuna. Beasiswa ini akan memberikan kesempatan bagi 15 orang putra-putri Natuna untuk kuliah gratis S1 di Universitas Pertamina.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Pemerintah Daerah Natuna, kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Pertamina atas alokasi 15 putra-putri Natuna untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Lewat beasiswa ini, nantinya mereka mampu menjadi agen transformasi di bidang geologi dan perminyakan,” ungkap Bupati Natuna Siswandi pada keterangan pers.

“Harapan kami juga, 15 hingga 20 tahun ke depan ada anak Natuna yang masuk di Pertamina yang dapat mengambil kebijakan atau keputusan di tatanan perminyakan nasional,” tambah Siswandi.

Beasiswa yang diberikan meliputi pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dipungut di awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester, pembebasan biaya daftar ulang, asrama, hingga bantuan biaya hidup.

“Beasiswa ini menjadi bentuk kepedulian Pertamina pada daerah perbatasan dan 3T yang sulit mendapat akses pendidikan tinggi. Program beasiswa dan kerjasama ini pertama kalinya diberikan untuk putra-putri asli Natuna dan harapannya tidak berhenti sampai di sini. Bisa terjalin kerja sama lainnya seperti pemberdayaan UMKM, inovasi sosial masyarakat setempat, dan pengembangan energi baru terbarukan lewat program kami,” kata Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 9 Mei hingga 9 Juni 2023. Adapun persyaratannya, yakni merupakan putra/i asli Kabupaten Natuna dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP Orang Tua, surat rekomendasi dari kepala sekolah, rapor semester 1-5, sertifikat prestasi akademik dan non akademik, dan motivation letter.

“15 penerima Beasiswa Sobat Bumi Natuna akan dipilh melalui seleksi beasiswa yang meliputi seleksi administrasi, tes potensi akademik, dan seleksi wawancara. Lewat tiga tahap ini, harapannya kami bisa memahami dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal ketika berkuliah di Universitas Pertamina sehingga menjadi generasi future leader berdaya saing,” ungkap Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina Muhammad Husni Mubarak.

Pada proses pendaftaran, para peserta beasiswa diberikan kesempatan untuk memilih empat program studi di Universitas Pertamina. Terdapat enam fakultas yakni Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan program studi Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan. Kemudian Fakultas Teknologi Industri, dengan program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik.

Setelah itu ada juga Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan program studi Manajemen dan Ekonomi. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan program studi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan program studi Ilmu Kimia dan Ilmu Komputer serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan program studi Hubungan Internasional dan Komunikasi.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi Natuna serta informasi lebih lanjut, bisa kunjungi pmb.universitaspertamina.ac.id atau media sosial resmi Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina. Seluruh proses penyelenggaran Beasiswa Sobat Bumi Natuna tidak dipungut biaya.

BACA JUGA:  Universitas Brawijaya Gandeng HPN Launching Program 1000 Mahasiswa Berwirausaha

Pos terkait