Penerapan Sistem Manajemen pada Perusahaan Swasta

Penerapan Sistem Manajemen pada Perusahaan Swasta

PT. Sukses Bersama Adhkar berdiri sejak tahun 2011 yang bergerak di bidang fashion retail. Perusahaan ini memulai kegiatan komersil dengan menjadikan pakaian olahraga syar’i sebagai landasan terciptanya brand Edora Sportswear dan Aisye. Pada Tahun 2016, PT. Sukses Bersama Adhkar mendirikan brand pakaian muslim pria modern yang diberi nama Qomishu. Melihat market indonesia yang semakin berasas pada budaya korea, PT. Sukses Bersama Adhkar membuat inovasi baru dengan mendirikan brand Hayn pada tahun 2021 dengan fokus pada penjualan tas bermodel korea.

Seluruh produk di PT. Sukses Bersama Adhkar dirancang dan diproduksi oleh tangan-tangan penjahit lokal dengan mengedepankan kenyamanan dan kepuasan sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan PT. Sukses Bersama Adhkar memiliki goals yaitu “Menjadi perusahaan produksi dan distribusi terbaik serta terpercaya dengan pelayanan prima.” Perusahaan ini juga memiliki berbagai macam value atau nilainy sendiri diantanranya memiliki jiwa kepemimpinan, integritas yang tinggi, ketulusan, komitmen, disiplin, kerja tim yang sangat luar biasa, perbaikan yang akan terus menerus ditingkatkan, dan kretif inovatif.

BACA JUGA:  Potensi yang Dimiliki Indonesia dalam Menghadapi Resesi

Menetapkan dasar untuk keseluruhan arahan PT. SBA. Management team juga merupakan kekuatan pendorong dibalik peraturan serta budaya yang ditetapkan perusahaan. Tujuan utama meraka adalah memberi pelatihan, memotivasi, serta menginspirasi setiap divisi untuk mencapai tujuan perusahaan. Mereka juga menerapkan kebijakan serta arahan teknis kepada karyawan perusahaan. Dalam proses SDMnya, perusahaan ini karyawan bertalenta direkrut & dipekerjakan, HR team memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya yang unggul untuk posisi mereka dan juga memaksimalkan kepuasan dan pengalaman mereka secara keseluruhan selama bekerja di PT. SBA. HR team juga mengelola fungsi operasional seperti perekrutan, penggajian, kebijakan perusahaan, dan kepatuhan hukum SDM. Dalam pemasarannya tim marketing mengelola segala macam pengiklanan secara digital, baik itu media Facebook ataupun Instagram. Marketing juga berperan penting mengelola data mentah konsumen menjadi leads yang dibutuhkan oleh team sales sehingga menghasilkan penjualan. Tim finance akan menjaga serta mendata setiap keluar masuknya keuangan pada PT. SBA. Semua proses keuangan didata supaya tidak terjadi kebocoran pada ekonomi perusahaan, baik itu pendapatan yang salah ataupun pengeluaran yang tak terduga. Semua pendataan dilakukan supaya karyawan bisa mendapatkan kesejahteraan bersama.

BACA JUGA:  Tips Atur Dana THR untuk Mudik Hari Raya

Lalu ada tim media yang membuat berbagai foto ataupun video untuk kebutuhan branding serta kebutuhan perusahaan PT. SBA, dan juga menemukan berbagai macam ide kreatif yang kemudian dijadikan sebagai sebuah konten yang menarik untuk tujuan meningkatkan penjualan. Tim sales juga memiliki tugas melakukan penawaran serta mendapatkan penjualan dari hasil lead yang dihasilkan oleh divisi marketing. Bukan hanya menghasilkan penjualan, sales juga menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pihak customer agar mereka merasakan kepuasan dan senang dengan pelayanan yang kami berikan. Dan tim yang terakhir disini ada tim gudang yang melakukan kegiatan mengelola informasi terkait status serta kondisi persediaan yang disimpan di gudang, dengan itu perusahaan akan selalu mendapatkan informasi terbaru terkait produk yang akan dikirim ke customer. Serta kami mengemas barang dengan rapih dan aman sehingga barang yang sampai ke hadapan customer dalam kondisi terbaik.

BACA JUGA:  Mengapa Semakin Dewasa Semakin Sedikit Memiliki Lingkaran Sosial yang Luas?

Pada tahun 2022 ini perusahaan masih mengalami naik turunnya pedapatan yang tidak stabil, oleh karena itu Tim manajemen PT. SBA sedang membuat strategi lain dalam memasarkan produk untuk persiapan ditahun yang akan datang agar perusahaan SBA berjalan dengan stabil, efektif dan efesien.

Anisah Soleha
Mahasiswa

Pos terkait