Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Perubahaan Suhu Tubuh pada Anak

Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Perubahaan Suhu Tubuh pada Anak

Panas atau demam adalah kondisi di mana otak menetapkan suhu lebih tinggi dari normal, yakni di atas 38 derajat. Namun panas yang sesungguhnya adalah pada suhu > 38,5 C. Akibat kebutuhan yang meningkat tersebut, tubuh menghasilkan panas.

Infeksi adalah masuknya mikroorganisme (mikroorganisme atau makhluk hidup yang sangat kecil yang biasanya tidak terlihat oleh mata) ke dalam tubuh kita. Masuknya mikroorganisme ini mungkin tidak membuat kita sakit, tergantung banyak hal, termasuk seberapa kuat daya tahan tubuh kita. Jika daya tahan tubuh kita kuat, kita mungkin tidak sakit, atau kalaupun sakit, sakitnya ringan, itupun tubuh kita membuat zat kekebalan (antibodi). Mikroorganisme atau mikroorganisme dapat berupa bakteri, dan virus.

BACA JUGA:  Stress pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Dengan kompres panas, hal ini menyebabkan pemanasan suhu luar tubuh, dimana tubuh menginterpretasikan suhu luar cukup panas, akhirnya tubuh menurunkan pengaturan suhu otak sehingga tidak menaikkan suhu pengatur tubuh, pada suhu luar yang panas. menyebabkan pembuluh darah tepi kulit membesar dan pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan pori-pori kulit terbuka dan memudahkan penguapan panas. Ini berarti bahwa suhu tubuh berubah. (Purwanti & Ambarwati, 2008)

BACA JUGA:  ASI Tidak Keluar? Yuk, Kenali Hal-hal yang Dapat Menjadi Penyebabnya!

Cara mengobati demam atau demam

a. Banyak minum, karena demam bisa menyebabkan dehidrasi (baca “kerugian demam
b. Beri tekanan pada anak dengan air hangat. Akibatnya, suhu tubuh anak tidak turun, tetapi menghangat. Sebaiknya kompres dilakukan saat : anak merasa tidak nyaman, suhu naik hingga
0 derajat, mengalami serangan demam/keluarga dekat mengalami demam atau anak muntah sehingga obat tidak dapat diminum. Cara membuat kompres: mandikan anak dengan air hangat (30-32C) atau pijat seluruh tubuh anak dengan air hangat. Jika anak menolak, duduklah di bak mandi, berikan mainan dan ajak bermain.

BACA JUGA:  Pengaruh Negatif Kafein Berlebih pada Pola Tidur

c. Untuk demam berikan acetaminophen atau paracetamol seperti Tempra, Panadol atau Paracetol, Tylenol sesuai dosis. Kapan antipiretik diberikan? Jika suhu melebihi 38,5 C atau jika anak merasa tidak nyaman. Lebih baik tidak memberi.

Annisa Zachra Pratiwi
Mahasiswa Universitas Binawan Prodi Farmasi

Pos terkait