Pengaruh Komunikasi Bisnis Terhadap Branding Suatu Brand Oleh KPop Idol

Komunikasi bisnis dapat diartikan sebagai proses berbagi informasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal antara orang di dalam dan di luar bisnis dengan tujuan untuk memberikan informasi, melakukan persuasi, melakukan kolaborasi serta melakukan integrasi dengan audiens. Di era digital ini komunikasi bisnis sangat dimudahkan dengan adanya teknologi yang canggih seperti internet yang bisa menjangkau seluruh dunia sehingga terjadinya komunikasi bisnis yang efektif dan efisien.

Berbicara mengenai komunikasi bisnis dengan tujuan melakukan kolaborasi, tentu sudah tidak asing lagi mendengar mengenai branding ataupun brand image dalam suatu produk. Branding sendiri merupakan salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi, sebuah brand yang memiliki brand image yang kuat serta daya tarik dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya.

Di dalam konsep brand image yang dimiliki oleh suatu perusahaan terdapat Brand Ambassador yang diartikan sebagai “Wajah” nya suatu Brand atau teknik marketing oleh seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak sebuah perusahaan untuk mempromosikan suatu merek dalam bentuk produk atau jasa baik dalam skala nasional maupun internasional. Pengaruh keberadaan brand ambassador ini penting untuk image perusahaan karena bisa menaikkan citra produk tersebut di hadapan publik, khususnya para calon konsumen.

BACA JUGA:  5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merintis Usaha

Brand Ambassador pun biasanya seseorang yang terkenal, banyak diminati, memiliki daya tarik dan memiliki pengaruh besar seperti aktor/aktris, musisi, dan publik figur. Dengan begitu, pesan dari brand suatu perusahaan pun akan tersebar dengan luas dengan jaringan mereka yang luas pula. Namun, terkenal saja tidak cukup. Brand ambassador akan menjadi ‘wajah’ sebuah brand sehingga reputasi dan citra yang baik pun dipertimbangkan oleh perusahaan yang ingin menggunakan mereka sebagai Brand Ambassador dari produk nya.

Seorang Brand Ambassador biasanya menggunakan saluran media sosial yang mereka miliki untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dalam mempromosikan suatu produk. Hal ini dapat dilakukan melalui online channel seperti publikasi di media sosial maupun melalui offline channel seperti seminar, pameran, dan mengikuti berbagai event.

BACA JUGA:  Tips Sukses Saat Interview, Pencari Kerja Wajib Tahu!

Beberapa tahun kebelakang ini dengan munculnya dan tersebarnya KPop di dunia membuka peluang komunikasi bisnis yang cemerlang. Dengan ketertarikan yang tinggi terhadap dunia KPop baik dari drama, film maupun idol group nya sehingga Brand- brand besar baik di Indonesia maupun luar negeri semakin melirik para pekerja seni yang ada di negara Korea Selatan tersebut. Idol Kpop yang menjadi brand ambassador produk dunia semakin hari semakin bertebaran di media sosial dan homepage brand brand ternama. Mulai dari produk fashion, kecantikan, bahkan produk makanan cepat saji.

Kehadiran artis Kpop saat ini banyak mempengaruhi pemilihan para milenial dalam menentukan beberapa hal dalam kehidupannya dengan semakin banyaknya penggunaan produk-produk skincare dan makeup Korea serta makanan Korea dapat menjadi tolok ukur bagi perusahaan dalam menggunakan jasa para idol Korea sebagai ikon produknya.

Beberapa brand fashion dan makeup ternama telah menarik Idol group baik sebagai group ataupun setiap membernya untuk dijadikan sebagai Global ambassador seperti Blackpink yang secara group menjadi BA merek Adidas serta per member antara lain Jisoo :Cartier dan Dior, Jennie : Channel, Calvin Klein dll, Rose : ysl dll, Lisa : Celine dll serta di ikuti dengan kai Exo sebagai Global ambassador Gucci, Sehun dengan Dior nya, NCT jaehyun yang menjadi BA dari Prada dan banyak idol kpop yang mempresentasikan brand ternama lainnya. Pengaruh yang ditimbulkan dengan menjadinya mereka sebagai “ikon” dari brand masing-masing tentu hal tersebut menjadi peluang besar bagi brand untuk semakin eksis dalam kancah bisnis dunia. Beberapa brand dunia pun berani membayar mahal setiap idol Kpop yang mereka dapuk sebagai global ambassador karena dampak yang ditimbulkan memang sangat signifikan. Dimana penjualan pakaian, kosmetik, dan makanan melonjak di beberapa brand yang menjadikan idol Kpop sebagai ambassador mereka.

BACA JUGA:  Pemimpin yang Berintegritas

NURUL MAULIDA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS PAMULANG

Pos terkait