Pengaruh Musik dalam Mengurangi Stres

DEPOKPOS – Musik, merupakan suatu hal yang sangan popular saat ini karena musik merupakan suatu seni yang dapat merefleksikan perasaan yang dirasakan manusia dengan baik. Banyak manusia yang merasa stress kepada tekanan di hidupnya dan tak jarang dari mereka merasa musik dapat melepaskan diri mereka dari stress yang dirasakannya. Banyak orang menyatakan bahwa musik dapat memperbaiki perasaan mereka menjadi jauh lebih baik dan tenang.

Stres adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh tuntutan baik fisik serta lingkungan. Semua manusia dapat merasakan stress, baik anak-anak, remaja dan dewasa. Seperti mahasiswa yang merasakan stress melalui tugas-tugas yang dijalaninya. Dalam mengerjakan tugas ada beberapa siswa yang memang terganggu bila mendengarkan suara saat belajar adapun siswa yang merasa bahwa mendengarkan musik dapat membuat konsentrasi belajar serta menekan stress yang dirasakan oleh mereka.

Beberapa jenis musik berpengaruh terhadap proses belajar seorang siswa. Oleh karena itu, tidak dapat dibantah lagi bahwa musik dapat mempengaruhi konsentrasi serta motivasi belajar seseorang, selain itu musik juga menjadi sarana dalam menyampaikan apa yang dirasakan olehnya baik pada seniman itu sendiri ataupun pada yang mendengarkannya.

BACA JUGA:  Hidup Sehat, Ini 4 Cara Cegah Penyakit Jantung

Musik merupakan suatu hal yang mempengaruhi kehidupan manusia baik bayi maupun dewasa. Para ilmuwan meneliti bahwa musik klasik mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Kecerdasan emosional dan intelegensi anak yang terbiasa mendengarkan musik dapat lebih berkembang daripada yang jarang mendengarkannya. Musik yang didengarkan yaitu musik yang memiliki irama dan nada yang teratur dengan memilih lagu yang lembut. Musik dapat bersangkutan dengan perubahan emosi yang mendengarkannya, selain itu musik dapat memberikan rangsangan untuk segala aspek perkembangan kognitif maupun emosional seseorang.

Salah satu jenis musik yang banyak dipakai dalam pengkondisian suasana belajar atau bekerja adalah musik klasik, karena musik klasik merupakan musik dengan tempo yang lambat. Biasanya, para terapis membagi tema musik ke dalam lima jenis, yaitu:

  • Musik bertema trance, adalah jenis musik yang mengandung ungkapan rasa ceria yang luar biasa. Jenis musik semacam itu cocok untuk menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental atau stress.
  • Musik yang berirama melow dan melankolis merupakan jenis musik yang menyayat perasaan. Musik semacam itu bisa menurunkan asupan sejumlah komposisi kimia dalam otak elow, semangat, ceria, dan relaksasi..
  • Musik bertema melankolis dalam kondisi normal bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri. Sementara jika didengar di saat sedih, bisa mempermudah bagi seseorang untuk menahan rasa duka.
  • Musik bertema semangat merupakan jenis musik yang bisa membangkitkan reaksi kuat dan cepat yang disertai dengan tanggapan fisiologis
BACA JUGA:  Ini yang Terjadi pada Wajah jika Konsumsi Gula Terlalu Banyak

Musik dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja seperti:

Di perjalanan
Saat menuju universitas atau sedang dalam perjalanan jauh, usik dapat menjadi penyelamat saat merasa bosan atau memecah keheningan yang ada di perjalanan tersebut. Apalagi didengarkan sambil bernyanyi bersama dengan teman.

BACA JUGA:  Anda Pecinta Makanan Pedas? Lengkapi Pengetahuan tentang GERD

Mendengarkan musik saat sedang beraktivitas
Saat melakukan sesuatu, seringkali kita merasa bosan dan pikiran kita melayang kemana-mana. Mendengarkan musik dapat memecah kebosanan serta stress yang dirasakan.

Sebelum tidur
Mendengarkan musik sebelum tidur dapat memberikan ketenangan setelah beraktivitas seharian. Perlu diperhatikan bahwa mengurangi stress dengan mendengarkan musik sebelum tidur juga harus dibarengi oleh kualitas tidur yang baik dan teratur.

Perlu diperhatikan juga agar jangan terlalu sering mendengarkan musik dengan volume keras karena hal tersebut dapat membahayakan sistem pendengaran.

Penulis: Keysha Alea Maharani
Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Binawan

Pos terkait