Pengaruh Negatif Kafein Berlebih pada Pola Tidur

Pengaruh Negatif Kafein Berlebih pada Pola Tidur

 

Kafein merupakan bahan dasar yang terdapat dalam berbagai jenis makanan, minuman, dan obat-obatan. Kafein selama bertahun-tahun banyak didiskusikan, apakah memiliki dampak positif atau dampak buruk pada kesehatan. Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat yang baik dan karena itu menyebabkan kafein sering digunakan sebagai zat psikoaktif di dunia. (Yonata & Saragih, 2016).

Kafein sendiri jika kita temui dalam kehidupan sehari – hari berada di makanan minuman, vitamin, atau obat – obatan tertentu. Salah satu yang paling melekat di telinga masyarakat ketika mengetahui makanan atau minuman apa saja yang mengandung kafein tentu saja akan disebutkan kopi.  Ya, seperti yang kita ketahui, kopi sendiri sangat erat kaitannya dengan model atau gaya hidup suatu komunitas, baik tua maupun muda.

BACA JUGA:  Rokok Elektronik: Solusi Baru Berhenti Merokok di Era Pasca COVID-19?

Kopi sendiri biasanya sering disajikan untuk menemani waktu luang, santai, maupun saat bekerja. Tapi tahukah kamu bahaya overdosis pada kafein? terutama pada saat malam hari akan menganggu jam pola tidur kita. Dimana seharusnya tubuh kita beristirahat secara optimal pada malam hari menjadi terganggu karena efek kafein yang berlebihan bekerja dalam tubuh kita. Banyak anak muda atau orang tua yang sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein berlebih pada malam hari untuk membantu mereka tetap terjaga semalaman karena suatu alasan tertentu mereka terpaksa terjaga semalaman contohnya saja seperti mengerjakan tugas. Tentu saja itu akan menjadi dampak buruk kedepannya jika dinormalisasikan secara terus – menerus.

BACA JUGA:  Masa Depan Cerah untuk Fisioterapis Wanita

Karena, kopi memiliki kandungan kafein yang merupakan zat stimulan otak dan saraf (dr. Rizal Fadli, 2021). Dimana jika terus menerus dikonsumsi akan menyebabkan insomnia dan akan menimbulkan beberapa efek negatif dari kandungan kafein tersebut contohnya pusing, gelisah, letih, kurang bersemangat, jantung berdebar, mual bahkan bisa muntah. Apalagi jika ritme tidur kita terganggu karena terlalu banyak mengonsumsi kafein, hal itu sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi serta risiko beberapa penyakit serius akibat insomnia terus-menerus.

BACA JUGA:  Kenali dan Cegah Penyakit Berbasis Lingkungan

Theresa Marcelina Siregar, Mahasiswi Universitas Binawan Prodi Farmasi

Pos terkait