Penggunaan Infrared untuk Mengurangi Nyeri

DEPOK POS – Infrared banyak digunakan dalam perawatan kesehatan. Sinar infrared dapat meningkatkan cairan tubuh. Teknologi infrared sebenarnya dapat digunakan untuk beberapa aplikasi. Dalam dunia kesehatan, penggunaan sinar infrared sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan untuk keperluan terapeutik dan medis.

Sinar infrared dapat mencegah penyakit jantung, hati dan ginjal. Infrared dapat meredakan nyeri pada tubuh.

Inframerah digunakan sebagai berikut:

⦁ Mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Ini karena sinar infra merah memiliki getaran yang sama dengan molekul air.
⦁ Meningkatkan mikrosirkulasi. Getaran molekul air dan pengaruh sinar infra merah menghasilkan panas, melebarkan kapiler, meningkatkan suhu kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan jantung.
⦁ Meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan mikrosirkulasi dalam tubuh memungkinkan racun dikeluarkan dari tubuh melalui metabolisme. Ini mengurangi beban pada hati dan ginjal.
⦁ Mengembangkan PH dalam tubuh. Sinar infra merah membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah rheumatoid arthritis yang disebabkan oleh asam urat tinggi.
⦁ inframerah jauh banyak digunakan dalam peralatan medis. Radiasi termal berupa sinar infra merah dari organ tubuh dapat digunakan sebagai informasi tentang kesehatan organ tersebut. Hal ini dapat sangat membantu dokter dalam mendiagnosis kondisi pasien dan memungkinkan mereka untuk menentukan tindakan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien.

BACA JUGA:  Protein Hewani Efektif Cegah Anak Alami Stunting

Infrared mengurangi nyeri

Nyeri adalah perasaan tidak nyaman yang bersifat individual. Nyeri tidak lagi dilihat sebagai keadaan alami dari cedera atau trauma, yang secara bertahap berkurang dari waktu ke waktu, karena nyeri yang tidak sembuh dapat menyebabkan komplikasi, rawat inap yang lebih lama di rumah sakit dan kecemasan Efek terapi pengurang rasa sakit dari inframerah terlihat pada tanggal 2-3. selama perawatan dalam skema.

Inframerah merupakan salah satu modalitas fisioterapi yang memiliki keunggulan untuk mengurangi nyeri dengan dosis terapi 10-15 menit, toleransi intensitas pasien, dan jarak aplikasi kurang lebih 35-5 cm tegak lurus dengan tempat perawatan.

Jika Anda menderita nyeri otot, nyeri punggung, nyeri sendi atau nyeri lainnya, gunakan sinar infra merah. Banyak perangkat medis menggunakan radiasi infra merah untuk mengobati rasa sakit ini secara efektif. Panas yang dipancarkan oleh sinar infra merah menghangatkan kulit dan bagian tubuh lainnya serta mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA:  Perubahan Iklim dan Ancaman Penyakit Tular Vektor di Indonesia

Di sisi lain, efek terapeutik sinar infra merah menghilangkan rasa sakit, mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah.

Berikut kegunaan infra merah :

1. Mencegah resiko gagal jantung

Kehadiran sinar infra merah jelas akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini terjadi karena sinar infra merah dari molekul air membuat kita merasa hangat. Akibatnya, kapiler membesar dan suhu kulit naik. Ini secara otomatis mengurangi tekanan pada jantung.

2. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Dikatakan sinar infra merah dapat meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Pada dasarnya, sinar infra merah menyebabkan molekul-molekul dalam tubuh bergetar. Getaran ini secara bertahap terurai menjadi satu molekul tunggal. Ketika Anda melakukan banyak aktivitas, tubuh Anda kehilangan banyak air.

Namun, keberadaan molekul tunggal ini nantinya bisa menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh, penting untuk diketahui. Prasyarat untuk kulit cantik adalah keseimbangan pH dalam tubuh. PH itu sendiri dapat ditingkatkan dengan radiasi infra merah.

BACA JUGA:  Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Pencegahannya

Banyak orang percaya bahwa radiasi infra merah dapat memperbaiki tekstur kulit dan menjadikannya lebih halus. Oleh karena itu, banyak klinik kecantikan menggunakan teknologi infra merah ini dalam metode kecantikan kulit klien mereka. .

5. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Selain jantung, ternyata radiasi infra merah sangat bermanfaat bagi kesehatan hati dan ginjal. Radiasi yang dipancarkan oleh sinar infra merah dapat meningkatkan mikrosirkulasi dalam tubuh. Beban dan pembuangan racun dari tubuh meningkat dan kinerja hati dimoderasi. Selain itu, ekskresi toksin yang meningkat dalam tubuh otomatis menurunkan kinerja ginjal.

6. Pengobatan Penyakit Cacar

Sinar infra merah tidak hanya membuat kulit menjadi cantik dan lembut, tetapi juga membantu mengobati penyakit cacar. Radiasi efektif membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa alat kesehatan dengan radiasi infra merah dapat ditempelkan pada tubuh untuk mengobati penyakit cacar.

Penulis : Fariz ryan maulana
Mahasiswa prodi Fisioterapi fakultas ilmu Kesehatan dan teknologi Universitas binawan

Pos terkait