Pengmas Mahasiswa Universitas Pamulang, Tingkatkan Kreatifitas Murid TK

DEPOKPOS – Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita.

Kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Selain itu juga meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

BACA JUGA:  Mahasiswa UGM Rancang Robot Disinfeksi Untuk Perhotelan

Penyuluhan dalam meningkatkan kreativitas anak pada usia dini ini dilaksanakan oleh beberapa mahasiswi Universitas Pamulang dalam kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMKM) dengan beranggotakan Arini Nadhifah Zahrah, Eva Miranda Mourencya Alzira, Farah Herianti, dan Nadilah di TK Aksara Mulia, Tanggerang Selatan, (4/5).

Kegiatan ini dimulai dengan baris berbaris dihalaman TK Aksara Mulia, lalu dilanjutkan dengan berdoa bersama sebelum masuk pada inti kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan memulai kegiatan membuat Celengan dari bahan daur ulang yaitu dengan bahan utama kardus bekas.

BACA JUGA:  UI Borong Medali di Kompetisi Jogja Information Technology Session

Bahan- bahan dan alat yang diperlukan yaitu :

1. kardus bekas
2. karton
3. gunting
4. lem
5. pensil warna

Cara pembuatan :

1. Peserta didik diarahkan untuk menggunting bagian atas kardus sebagai akses masuknya koin/ uang kertas
2. kemudian setelah melubangi kardus, menggunting karton sesuai dengan ukuran pada kardus masing- masing
3. setelah karton siap, lalu ditempelkan pada kardus bekas
4. setelah menempelkan karton, peserta didik mulai menghias celengan tersebut menggunakan pensil warna sesuai keinginan dan kreativitas masing- masing.

BACA JUGA:  Pakar UGM Tekankan Perlunya Mengubah Mindset Pengelolaan Sampah ke Ekonomi Sirkular

Dengan demikian, dilakukannya kegiatan kami berharap supaya ilmu dan pengalaman yang dibagikan pada peserta didik TK Aksara Mulia ini bermanfaat sehingga tujuan kami sebagai mahasiswa tercapai dengan membantu meningkatkan kreativitas pada anak usia dini.

Arini Nadhifah
Mahasiswa Universitas Pamulang

Pos terkait