Pengunaan Teknik Marketing Mix 4P dalam Komunikasi Bisnis

Produk Fashion Indonesia Tampil di New York Fashion Week

DEPOK POS – Keterampilan komunikasi bisnis yang kuat sangat penting untuk keberhasilan organisasi mana pun. Komunikasi bisnis mengacu pada budaya internal dan citra eksternal organisasi. Oleh karena itu, penting untuk menentukan apa yang dikomunikasikan, siapa yang berkomunikasi, dan pada tingkat apa komunikasi itu terjadi terutama dalam melakukan kegiatan pemasaran yang bertujuan pengenalan produk atau jasa.

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sekumpulan produk, harga, promosi dan distribusi yang menentukan keberhasilan pemasaran dan semua itu ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari pasar sasaran. Marketing mix ini merupakan salah satu teknik dalam komunikasi bisnis untuk mengintegrasikan unsur penawaran, logistik, dan cara mempromosikan produk atau jasa.

Elemen dari marketing mix yaitu 4P yakni sebuah product (produk), price (harga), place (tempat) , promotion ( promosi).

BACA JUGA:  Menyelamatkan Bumi : Strategi Peduli Lingkungan untuk Masa Depan

Product (produk)

Produk adalah sesuatu yang dapat disajikan di pasar sehingga menarik perhatian, dibeli, digunakan, dikonsumsi dan dimiliki, dan dalam hal ini memberikan kepuasan dan kebutuhan kepada penggunanya (Jesse & Billy, 2017). Produk itu sendiri juga memainkan peran penting dalam strategi bauran pemasaran dan produk yang ditawarkan kepada konsumen dapat berupa barang atau jasa, dalam hal ini jenis produk, harga, dan yang lainnya juga harus dipasarkan dalam tindakan promosi, karena kegiatan penjualan harus sesuai. Agar konsumen lebih jeli dalam menentukan produk yang diinginkan dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keunggulan produk, baik pilihan layanan maupun harga beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas produk. (Indah & Renny, 2021).

Price (harga)

BACA JUGA:  Kecerdasan dan Profesionalitas Dapat Menentukan Masa Depan

Harga merupakan elemen yang sangat berharga dalam proses dan strategi pemasaran, yang dapat memberikan kepuasan dan daya tarik pelanggan melalui harga yaitu diskon, masa tenggang pembayaran dan pembiayaan kredit (Ningsih & Maika, 2020), dan harga juga harus dapat memberikan efek samping yang baik bagi pertumbuhan UMKM dan pengusaha mikro di pasar. Harga jual yang dicapai dalam kegiatan pemasaran berdampak signifikan terhadap pertumbuhan penjualan, sedangkan elemen P lainnya memberikan dampak penghasilan pada biaya.

Place (tempat)

Tempat sangat memiliki pengaruh dalam kesuksesan dan kemajuan sebuah perusahaan, karena tempat mempunyai sebuah dominan pada perspektif strategi yang adaptif, postioning, kompetitif, serta kefokusan. Sehingga sebuah keputusan dalam penentuan tempat yang akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang harus memiliki aspek yang tepat, oleh sebab itu perusahaan harus sangat matang dalam mempertimbangkan serta melakukan penyeleksian tempat yang tepat terhadap keadaan baik itu dari segi demografi, budaya, ekonomi, serta adanya sebuah persaingan dimasa yang akan datang (Christian A.D Selang, 2013).

BACA JUGA:  Kualitas Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan

Promotion (promosi)

Promosi merupakan sebuah kegiatan memberikan informasi dan komunikasi dalam kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan secara langsung maupun melalui media digital, dalam kegiatan promosi dimana perusahaan bertujuan untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi, mengajak dan mempengaruhi serta melakukan peningkatan pasar sasaran produknya agar pelanggan siap menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan, kegiatan promosi membutuhkan keahlian dan keterampilan dalam memasarkan produk yang ditawarkan (Samsuri, 2017).

Siti Dalpa Adawiyatun Nisa
Mahasiswa Universitas Pamulang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi

Pos terkait