Pentingnya Disiplin Waktu bagi Mahasiswa

DEPOKPOS – Disiplin itu Adalah taat dan patuh kepada nilai-nilai yang dipercayai yaitu tanggung jawab, Atau bisa juga taat aturan. Contoh sikap disiplin di kehidupan sehari hari diantaranya, masuk sekolah sebelum jam Pelajaran masuk, Belajar setiap malam hari, Sholat tepat waktu,dan masih banyak lagi. Disiplin itu dilakukan secara Mandiri bukan paksaan dari orang lain. Waktu tidak dapat diputar kembali,tentunya kita sudah tau, kita hidup didunia nyata dan tidak bisa di ulang, bukan hidup di dunia dongeng seperti Doraemon yang bisa memutar mundurkan waktu. Waktu itu sangat berharga atau didalam Pribahasa yaitu Waktu adalah emas, rugi jika kita sia-siakan Waktu. Disiplin waktu merupakan kunci seseorang untuk meraih kesuksesannya.

Pada sekarang ini Kita hidup harus menghargai waktu, karena hidup di dunia ini sangat singkat, hidup di dunia itu hanya sementara dan akan hidup abadi diakhirat, bayangkan betapa kita menyesalnya ketika kita hidup di dunia dengan menyia-nyiakan waktu, sebagai makhluk hidup harus produktif.Time is Money (waktu adalah uang).

BACA JUGA:  Pilih yang Halal, Ini Tips dari MUI

Hal ini menunjukan bahwa betapa kita harus menghargai, karena disetiap waktu itu ada peluang dan kesempatan, siapa orang di dunia ini yang menyia-nyiakan uang? Tentunya tidak ada. Setiap hari di beri waktu selama 24 jam jadi mengapa tidak memanfaatkan waktu tersebut dengan baik,jika semua waktu segitu kurang berarti kalian adalah orang yang pemalas.Contohlah orang-orang sukses, mereka itu pasti disiplin waktu, kenapa berani jamin, karena tidak ada orang pemalas di dunia ini bisa sukses. intinya hargailah waktu dan manfaatkan sebaik mungkin itu.

BACA JUGA:  Menabung Bukan Menimbun Harta!

Artikel di tulis dengan Menggunakan metode Daftar Pustaka. Data data dari beberapa Sumber kajian dan referensi berupa artikel ilmiah yang Relevan dengan Judul artikel, teori dan Hasil penelitian yang Diperoleh.

Disiplin waktu mempunyai banyak manfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain,diantaranya sebagai berikut.

• Dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu,maka hal ini tidak akan membuang-buang waktu dan kita bisa melakukan hal-hal selanjutnya di waktu berikutnya.Shingga hidup kita menjadi efektif dan efisien.
• Orang- orang akan percaya, karena kita selalu tepat waktu.
• Jika kita selalu tepat waktu maka tidak akan menyusahkan orang lain.
• Selalu mendapat nilai plus dari atasan jika sudah bekerja,dan dipandang sebagai Mahasiswa teladan oleh Dosen.

BACA JUGA:  Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Sebagai Material Akustik

Dengan mengerti betapa bermanfaatnya dalam menghargai waktu tersebut, maka kita diharapkan bisa membiasakan diri untuk displin waktu,dan membentuk sebuah budaya baru yang bisa ditularkan kepada generasi penerus-penerus bangsa kelak.

Disiplin adalah proses untuk melatih dan mendidik perilaku seseorang sesuai dengan tata tertib atau aturan yang berlaku baik yang muncul dari kesadaran dirinya maupun karena adanya sanksi atau hukuman yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab dan sepenuh hati, sehingga apabila dirinya melakukan suatu pelanggaran akan timbul suatu perasaan bersalah, malu, takut dan tidak mau untuk melakukan perbuatannya lagi.

Rifki Setiawan

Pos terkait