Pentingnya Kesadaran Bisnis Kepada Generasi Muda di Era Teknologi Digital

UBN Roadshow Dakwah Quran di Sumbar, Gubernur dan Wagub Turut Hadir

Bisnis di Era Digital ialah bisnis yang banyak sekali memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk maupun memasarkannya. Biasanya penjualan produk untuk usaha digital dilakukan secara online dengan memanfaatkan media-media digital terutama internet.

Era digital berdampak pada perkembangan kehidupan, termasuk kehidupan bisnis. Anda dapat menggunakan teknologi untuk menjalankan bisnis Anda melalui media sosial tanpa banyak modal atau ruang. Dengan teknologi ini, Anda dapat dengan mudah membentuk pasar Anda.

Fenomena ini disikapi dengan maraknya bisnis online, terutama di kalangan generasi muda. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan tetap di rumah dengan bisnis online Anda. Mereka tidak berpikir pergi ke kota atau ke luar negeri sebagai pegawai negeri atau penduduk kota untuk menghasilkan banyak uang. Tentu saja hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Tulisan ini bertujuan untuk menggali strategi pemberdayaan ekonomi melalui peran teknologi digital dalam menciptakan peluang bisnis bagi generasi muda untuk menjadi wirausaha. Penelitian dilakukan di Jombang dengan tema penelitian seorang mahasiswa yang juga berwirausaha. Metode penelitian menggunakan kualitatif fenomenologis. Temuan menunjukkan bahwa teknologi digital menawarkan peluang untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan generasi muda. Gunakan media sosial untuk menjalankan bisnis Anda dan dapatkan penghasilan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Studi ini menyarankan bahwa program pelatihan literasi teknis bagi kaum muda, terutama di daerah pedesaan, perlu dilaksanakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Pengaruh Kesetaraan dan Keadilan terhadap Penggelapan Pajak di Indonesia

Pemuda pedesaan juga paham teknologi dan diharapkan dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis dan merangsang ekonomi. Generasi saat ini telah memainkan peran kunci dalam perkembangan bisnis digital dan telah berperan dalam mendongkrak perekonomian Indonesia. Kehadiran perusahaan digital akan membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Ini merupakan salah satu indikator pemulihan ekonomi. Perkembangan teknologi menjadi peluang bagi kaum milenial untuk mengembangkan berbagai bisnis berbasis digital. Bisnis digital sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern, anak muda perlu memanfaatkan gadget untuk mengubah bisnis digital menjadi peluang. Saran ini dimaksudkan untuk membantu siswa sekolah menengah memahami apa itu bisnis digital dan jenis bisnis apa yang tersedia bagi siswa untuk memulai bisnis digital.

Generasi muda merupakan pewaris bangsa yang harus kreatif dan inovatif untuk menyambut dan berpartisipasi dalam industri pasar global. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang manfaat media baru kepada siswa dan menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Mendulang Cuan Lewat Konten: Tulisan, Foto, hingga Video

Kemajuan teknologi tidak hanya berdampak positif dalam mempermudah tenaga kerja manusia, tetapi juga aspek negatif yang perlu diperhatikan, termasuk media sosial. Penggunaan bahasa yang bijaksana di media sosial dapat memicu kejahatan di dunia nyata.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan kata-kata bijak di media sosial. Oleh karena itu, konsultasi ini dilakukan sesuai dengan model terbimbing partisipatif yang menekankan pada proses pembelajaran yang dibangun di atas partisipasi aktif para peserta. Saran ini berfokus pada menguraikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan media sosial.

Hindari menyebarkan SARA, pornografi, dan perilaku kekerasan, memeriksa kebenaran berita, menghormati karya orang lain, dan tidak mengungkapkan informasi pribadi secara terbuka. Selain itu, artikel ini membahas manfaat media sosial dalam kehidupan kita sehari-hari.

Teknologi yang semakin canggih saat ini menjadi peluang bagi UMKM untuk bangkit kembali. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi bisnis Whatsapp.

Aplikasi ini merupakan varian WhatsApp yang bisa digunakan untuk berjualan atau berbisnis. Tampilan ini dirancang khusus agar pengguna WhatsApp dapat dengan mudah mempromosikan produknya dan menemukan target pelanggan yang tepat dengan lebih mudah. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan penjualan Anda.

BACA JUGA:  Kenali Dampak Psikologis Nikah Muda

Oleh karena itu, judul pengabdian masyarakat ini adalah edukasi tentang penggunaan dan manfaat WhatsApp business yang dapat meningkatkan penjualan, Rumah Awareness dan IPEMI bagi UMKM. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan praktis kepada para pemangku kepentingan UMKM tentang cara membuat akun bisnis WhatsApp dan cara menggunakannya. Diharapkan melalui penggunaan metode seminar, latihan dan diskusi, para pemangku kepentingan UMKM dapat menyerap ilmu dari aplikasi ini dan dengan mudah menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.

Di zaman sekarang ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, terutama di media sosial. Media sosial merupakan bagian yang berfungsi dari internet, salah satunya adalah media yang digunakan untuk mempromosikan makanan olahan untuk digunakan oleh para pelaku bisnis. Salah satu kunci keberhasilan bisnis apa pun adalah mengenal pelanggan Anda dengan lebih baik.

Media sosial membuat proses komunikasi ini lebih mudah dari sebelumnya. Media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi percakapan interaktif.

Anggie Primastuti Handayani
Mahasiswi Universitas Pamulang
Prodi Akuntansi S1
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pos terkait