Pentingnya Memahami Manajemen Organisasi

DEPOKPOS – Manajemen organisasi adalah proses untuk pengendalian yang dimulai dari perencanaan dan pengorganisasian terkait dengan sumber daya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang bermacam-macam.

Menurut Henry fayol, manajemen organisasi adalah seluruh aktivitas yang diawali dari perencanaan (planning), mengorganisir (organizing), mengkoordinir (coordinating) dan pengawasan (controling). Seluruh rangkaian aktivitas tersebut dilakukan guna untuk mencapai tujuan organisasi.

Fungsi manejemen organisasi adalah:

1. Perencanaan (Planning)

Fungsi yang pertama ini diperuntukkan sebagai persiapan segala aktivitas dalam organisasi. Fungsi ini juga membantu dalam besarnya anggaran bagi aktivitas yang rutin dilaksanakan atau tidak. Perencanaan harus dilaksanakan dengan baik dan matang. Sebab hal ini menjadi kunci keberhasilan pencapaian target di masa mendatang.

BACA JUGA:  Implementasi Kafalah dalam Kehidupan Sehari Hari

2. Pengarahan (Directing)

Fungsi yang berikutnya yaitu pengarahan. Setelah membuat perencanaan yang matang, perlu adanya pengarahan agar rencana tersebut dapat tetap on track.

Dengan pelaksanaan rencana yang terarah serta fokus, maka tujuan pun akan mudah dicapai.

3. Pengawasan (Controling)

Fungsi pengawasan ini diperlukan untuk menyempurnakan fungsi pengarahan. Dengan adanya pengawasan, maka kesalahan yang terjadi pada operasional lebih mudah dan cepat terdeteksi.

Dengan begitu akan lebih cepat juga dalam mencari solusi. Dengan pengawasan, tingkat kesalahan pun bisa diminimalkan.

BACA JUGA:  Pentingnya Pergaulan Sehat bagi Remaja

4. Pengelompokan (Organizing)

Dengan organizing atau pengelompokan, kinerja SDM dapat lebih maksimal. Hal ini memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Oleh karenanya dalam suatu organisasi senantiasa terdapat beberapa divisi. Hal ini untuk memudahkan organizing individu sesuai keahlian, keterampilan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

5. Motivasi (Motivation)

Motivasi tentunya juga sangat turut mengambil andil yang sangat besar untuk sebuah keberhasilan suatu organisasi.

Karena dengan sumber daya manusia yang termotivasi, maka akan semakin meningkat kinerjanya. Motivasi tersebut bisa berupa pemberian penghargaan atau reward pada anggota yang terbaik.

6. Kepegawaian (Staffing)

Fungsi kepegawaian di butuhkan untuk menjalankan struktur organisasi yang ada. Tujuan yakni menempatkan individu karyawan di posisi atau jabatan sesuai dengan keahliannya.

BACA JUGA:  Apa Saja Penyebab Putusnya Pernikahan?

Fungsi ini juga mempengaruhi kenyamanan lingkungan kerja. Oleh karenanya perlu dijalankan sesuai dengan tujuannya.

7. Manajement Waktu ( Time Management)

Manajemen waktu dapat mempengaruhi kelancaran dan juga perkembangan sebuah organisasi. Maka dari itu penting mempunyai manajemen waktu yang baik.

Dengan manajemen waktu diharapkan dapat mendapatkan kinerja yang efektif dari pada anggota.

Selain itu agar tujuan sebuah organisasi dapat tercapai tepat pada waktunya. Tentunya juga melatih agar anggota menjadi pribadi yang tepat waktu.

Afifah Nur Azizah

Pos terkait