Pentingnya Memiliki Jiwa Kepemimpinan dalam Bekerja

Pentingnya Memiliki Jiwa Kepemimpinan dalam Bekerja

MAJALAH JAKARTA Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu perusahaan atau organisasi dapat berkembang atau tidak, salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan yang memimpin.

Alasan terpenting mengapa kepemimpinan begitu penting dalam bekerja adalah untuk membangun tim yang solid visi dan target kelompok harus dicapai dengan kerja keras dengan kepemimpinan yang baik, tentunya soliditas dan kerjasama tim juga akan terbentuk dengan baik. Sehingga halangan dan rintangan dapat diatasi dengan baik oleh tim.

Kepemimpinan bukan hanya tentang menguntungkan kelompok atau perusahaan tetapi seorang pemimpin akan mendapat manfaat jika mereka menjadi pemimpin dengan mengembangkan introspeksi, keuletan, kreativitas, dan kesabaran. Karena pemimpin terbiasa mengarahkan dan mengambil keputusan untuk kelompoknya.

poin penting lainnya yang membuat kepemimpinan  itu sangat dibutuhkan adalah

1. Membangun Kerja Tim

Mengarahkan, memotivasi, dan memantau kinerja tim adalah peran utama seorang pemimpin. Hal ini tentunya bisa membentuk budaya kerjasama di antara setiap anggota untuk menyelesaikan tugas sesuai target dengan sistem dan budaya kerja sama yang terstruktur sehingga, alur kerja menjadi lebih nyaman.

2. Membentuk Karakter dan Skill

Dengan adanya jiwa kepemimpinan dalam diri seseorang, tentunya hal ini akan membangun karakter sekaligus melatih keterampilan yang dimiliki. Alasan utama kepemimpinan dapat membangun karakter dan melatih keterampilan adalah karena adanya tuntutan tanggung jawab.

BACA JUGA:  Potensi Digital Marketing bagi Perkembangan Bisnis

3. Meningkatkan Kualitas Diri

kepemimpinan dapat meningkatkan kualitas seseorang dalam membangun karakter dan keterampilan. Misalnya menjadi pribadi yang lebih baik, sabar, kreatif, kritis, rajin, hingga mampu mengambil keputusan yang terbaik semua ini hasil dari pengalaman menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab.

4. Membangun kepercayaan diri

Ketika seseorang mengambil tanggung jawab di suatu kelompok, tentu menuntut mereka untuk menjadi pribadi yang lebih berani ketika seseorang berani memimpin, dia akan menjadi lebih percaya diri. pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang membawa dampak positif bagi dirinya dan orang lain yang dipimpinya.

5. Mengatasi Tantangan yang Terus Berkembang

Seorang leader atau pemimpin selalu berorientasi pada solusi sambil menyusun strategi yang baik agar tujuanya tercapai sesuai target, saat menyusun strategi pasti ada masalah atau kendala yang menghambat pencapaian target tim oleh karena itu, pemimpin akan mengatasi kendala tersebut dengan solusi yang bijak baik dari hasil pemikirannya sendiri maupun hasil koordinasi dengan timnya.

Kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja jangan berkecil hati jika kita merasa tidak tahu bagaimana cara memimpin ketika nanti kita diamanahkan untuk menjadi pimpinan karena kita bisa menjadi pemimpin dengan cara kita sendiri.Untuk lebih memotivasi kita dalam mengembangkan pola pikir dan kemampuan memimpin, berikut adalah beberapa manfaat penting kepemimpinan atau program kepemimpinan yang perlu di ketahui.

BACA JUGA:  6 Tips Sukses di Usia Muda

Membangun Karakter dan meningkatkan Kemampuan

Sudah terbukti bahwa program atau pelatihan kepemimpinan akan membangun karakter dan meningkatkan kapabilitas, khususnya soft skill calon pemimpin agar memiliki jiwa kepemimpinan dalam setiap bidang pekerjaan atau usaha yang akan mereka lakukan kedepannya.

Semakin dini seseorang menerima program kepemimpinan, maka semakin kokoh mereka tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin besar di masa depan. Banyak perusahaan atau lapangan pekerjaan yang mencari orang-orang yang memiliki kemampuan sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Pengalaman di Organisasi

Kemampuan memimpin sangat erat kaitannya dengan organisasi karena organisasi merupakan sarana dimana seseorang dapat memperoleh pengalaman berharga dalam kepemimpinan di dunia kerja, kualitas seseorang pemimpin yang dianggap matang sebagai pekerja akan teruji dan terlihat saat dia memimpin timnya itulah sebabnya banyak universitas memfasilitasi kepada mahasiswanya berbagai program untuk mengembangkan potensi calon pemimpin melalui program kepemimpinan.

Belajar membuat perencanaan dalam tim

Bekerja dalam tim tentu berbeda dengan bekerja sendiri dalam sebuah tim pastinya ada beberapa pemimpin yang memiliki perbedaan ide, pengalaman organisasi, dan juga karakter.Seorang pemimpin diperlukan bekal tersendiri untuk menghadapi suasana dalam sebuah kerjasama tim. Perencanaan yang dilakukan seorang pemimpin dalam mengarahkan timnya tentu tidak mudah Inilah pentingnya program kepemimpinan yang perlu diajarkan sejak awal, jangan menyia-nyiakan kesempatan saat menjadi bagian dari sebuah organisasi karena ketika kita dalam organisasi kita akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin.

BACA JUGA:  5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Generasi Z

Berikut cara-cara dalam membuat perencanaan kerja yang baik:

⦁ Tentukan target ,tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan dilakukan.
⦁ Memilih pemimpin tim kerja yang tepat,sangat penting memiliki pemimpin yang dapat membimbing tim untuk bekerja sesuai rencana.
⦁ Tentukan tugas, anggaran, dan waktu dengan demikian semua rencana pekerjaan dapat dijalankan dengan baik dan memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
⦁ Atur secara logis,Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim kerja sesuai dengan kemampuannya.
⦁ Work in progress, Jangan lupa melaporkan progress update secara teratur kepada seluruh pihak yang terlibat.
⦁ Rencana cadangan,Selalu siapkan sebuah rencana cadangan untuk menghadapi kondisi yang dapat menghambat pekerjaan tim.
⦁ Evaluasi,Selalu lakukan evaluasi atas semua pekerjaan yang telah dilakukan sehingga dapat diketahui apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.

Fadiyah misbahudina arliami
Mahasiswa STEI SEBI

Pos terkait