Pentingnya Menjalin Hubungan yang Sehat

 

“Menjalin hubungan serta memahami pasangan akan menimbulkan rasa hangat yang esensial. Saat ini sangat banyak orang yang menjalin hubungan tanpa mematangkan kesehatan mental mereka masing-masing”. Abraham Maslow

Sebagai makhluk sosial kita pasti ingin merasa dihargai, dimiliki, dirangkul, dan didengarkan oleh orang lain. Hal ini merupakan kebutuhan dasar kita, kebutuhan ini harus dipenuhi setelah kebutuhan fisik seperti makan, minum serta tempat tinggal.

Kesehatan mental harus dijaga oleh tiap individu, bahkan banyak penelitian membuktikan bahwa orang dengan hubungan yang sehat memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi. Sebaliknya, seseorang yang kurang memiliki ikatan sosial dengan orang lain akan menunjukkan beberapa masalah seperti kesepian, depresi hingga kematian.

Seperti beberapa kasus perselingkuhan hingga pertikaian rumah tangga beberapa artis tanah air saat ini. Tak jarang dari mereka berakhir dengan perceraian hingga dimeja hijaukan. Membangun hubungan sosial yang baik tentu tergantung pada dua individu yang ada dalam hubungan tersebut. Lantas sepenting itukan menjalin hubungan yang baik?

BACA JUGA:  Diet Saja Tak Cukup, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Terjaga

Relasi manusia sebagai sumber power

Relasi yang dimiliki menjadi sumber rasa yang kita inginkan: cinta, rasa nyaman, kepedulian, dan pemahaman. Sama hal nya sebuah hubungan yang memerlukan banyak rasa cinta dan tentu rasa nyaman bagi orang yang menjalani hubungan tersebut. Hubungan yang terjalin baik secara emosional dan menimbulkan frekuensi yang sama untuk membahas secara terbuka berbagai hal yang ada dalam hubungannya.

Hubungan yang berada dalam lingkungan yang tidak sehat bisa berdampak pada krisis kepercayaan pasangan kepada pasangannya. Dalam sebuah hubungan yang tidak sehat akan berdampak pada orang sekitar dan masa yang akan datang, seperti munculnya rasa trauma menjalin hubungan dan sulit membuka hati untuk siapa pun. Tak jarang hubungan yang baik bukan hanya internalnya saja namun juga didukung oleh orang-orang sekitarnya.

BACA JUGA:  Kisah Ciputra, Raja Properti Bermodal Rp10 Juta

Rasa tidak nyaman dengan pasangan

Beranjak pada kasus artis yang selingkuh tentu ada rasa tidak nyaman dengan pasangnya hingga dia mencari tempat ternyaman dan berakhir dengan perselingkuhan. Faktor lingkungan pertemanan, keluarga hingga pasangan tentunya menjadi salah satu alasan mereka untuk bertindak di luar nalar. Contoh sikap yang membuat pasangan tidak nyaman seperti posesif, protektif hingga banyaknya kekhilafan dan kurang nya sikap dewasa.

Saat seseorang merasa tidak nyaman, dia akan cenderung mencari validasi atau pengakuan dari orang lain yang mendukung perasaannya. Tak jarang kurangnya apresiasi dari pasangan hingga rasa tidak menghargai ini cenderung membuat mereka bosan satu sama lain dan mencari orang lain sebagai penganti.

BACA JUGA:  Manfaat Sayur Seledri yang Harus Kamu Tahu!

Rasa aman dan nyaman dimaknai sebagai kontrol terhadap diri dan lingkungan. Seburuk apa pun hubungan sosial kita dengan pasangan, tentunya tidak akan menjadi permasalahan besar jika kamu bisa memiliki kontorl diri yang kuat. Langkah awalnya bisa dengan mengendalikan diri dengan cara mencoba mengetahui keterbatasan dan kemampuan yang kamu miliki. Setelah mengetahui keterbatasan dirimu, kamu lebih menyadari sumber stres yang ada. Hal yang paling dibutuhkan pada akhirnya kamu butuh mengelola emosi dan ketergantunganmu dengan pasangan dan perasaan tertolak.

Lidia Pratama Febrian
Mahasiswa Penerbitan Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta

Pos terkait