Pentingnya Merawat Wajah Menggunakan Sunscreen

Remaja adalah usia dimana memiliki keinginan yang sangat tinggi untuk selalu terlihat cantik, kulit putih dan selalu melakukan perawatan diri khususnya kulit.

DEPOK POS – Salah satu perawatan yang banyak dilakukan adalah penggunaan sunscreen untuk menghindari efek buruk dari radiasi sinar UV terhadap kulit. Untuk perawatan harian kulit remaja, hal paling mendasar yaitu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Paparan terik matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kusam dan bekas jerawat yang menggelap dan sulit hilang. Matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet juga dapat mempercepat proses penuaan dini, kulit kering, dan kasar. Ada tiga jenis sinar ultraviolet yang dipaparkan matahari. Sinar ini dikenal dengan UVA, UVB, dan UVC.

Sunscreen sangat penting bagi kulit remaja, karena pada usia remaja, kulit waja hsudah mulai terpapar sinar matahari akibat tingginya aktivitas diluar ruangan, namun pemilihan sunscreen yang baik sangat penting dilakukan agar kulit tidak menjadi lebih bermasalah akibat bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk sunscreen tersebut.

BACA JUGA:  Ngopi Santai Sambil Nikmati Musik Piringan Hitam di Emily Listening Space

Dengan menggunakan sunscreen, skincare yang di gunakan akan terlindungi dan tentunya tidak akan sia-sia menggunakan skincare. Sunscreen terdapat 2 jenis: Pertama, yaitu fisikal sunscreen atau yang biasa di kenal sunblock. Yang kedua senical sunscreen, jadi untuk kulit remaja yang sensitive dan juga merah lebih baik menggunakan fisikal sunscreen.

Menurut American Academy of Pediatric (AAP) anak-anak pada usia 6 bulan sudah boleh menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitnya, apalagi diusia yang masih rentan, kulit anak yang tipis cenderung sensitif perlu menggunakan sunscreen sebagai proteksi diri kulit mereka dari paparan sinar matahari langsung.

Dilansir dari Health, sunscreen tetap perlu digunakan saat cuaca mendung karena sinar UV masih bisa mencapai bumi. Meskipun tidak banyak sinar matahari yang terlihat, sinar UV bisa membuat kulit terbakar meskipun cuaca mendung dan bahkan efeknya akan lebih parah, selain membakar kulit, sinar UV masih bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan dini, sinar UV memiliki kekuatan yang lebih tinggi di jam 10 pagi hingga 4 sore ketika bumi mendapatkan lebih banyak pancaran sinar matahari. Awan mendung memang bisa menutup pancaran sinar matahari ke bumi tersebut, tetapi 90 persen sinar UV masih bisa menembus sampai ke bumi sehingga akan tetap berbahaya untuk kulit.

BACA JUGA:  Jangan Malas! Mandi Pagi Bisa Bikin Kebal Penyakit

Cara memakai sunscreen yang benar adalah aplikasikan sunscreen secara merata ke wajah dan leher, memperhatikan SPF dari produk sunscreen yang digunakan, layer produk sunscreen dengan vitamin C. Dengan bermacam-macamnya angka SPF yang ada dari sunscreen favoritmu, tapi sebenarnya angka SPF yang baik dan dibutuhkan untuk wajahmu sehari-hari. SPF memiliki kepanjangan yang cukup jelas untuk diketahui manfaatnya, yaitu Sun Protection Factor. Ketika hendak membeli produk sunscreen, kamu pasti melihat informasi berapa besar angka SPF yang dimiliki oleh sunscreen tersebut.

BACA JUGA:  Psikolog UI: Anak Perlu Miliki Growth Mindset dan Self Control

Pada umumnya, sunscreen memiliki angka SPF sebesar 15, 30 dan 50. Menurut penelitian yang telah banyak dilakukan, 1 SPF pada sunscreen mampu melindungi sunburn pada kulit selama 1 menit. Itu artinya, beberapa angka SPF di bawah ini memiliki perlindungan selama: SPF 15 memberikan perlindungan pada kulit hingga 150 menit; SPF 30 memberikan perlindungan hingga 300 menit; dan SPF 50 memberikan perlindungan hingga 500 menit atau selama 8 jam. Jangan lupa untuk selalu aplikasikan sunscreen kembali setiap 2 jam sesuai saran para dermatologis agar kulit mendapatkan perlindungan yang optimal.

Silvia Jamila Ratna Ayu

Pos terkait