Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya dalam Komunikasi Bisnis

Santri asal Tegal ini tidak bisa mengaji seperti santri lain karena keterbatasannya.

DEPOK POS – Di era bisnis global seperti sekarang ini, mendapatkan pemahaman lintas budaya yang cukup sangatlah penting guna menyukseskan bisnis dan karir Anda. menurut Anwar Arifin, komunikasi bisnis merupakan konsep yang memiliki banyak makna-makna. Makna tersebut kemudian dibedakan dengan melihat komunikasi bisnis sebagai proses sosial, yang dalam hal ini komunikasi bisnis dipelajari di dalam ilmu sosial. Para ahli ilmu sosial telah melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi bisnis untuk dapat mengetahui mengenai kaitan pesan dengan perilaku seseorang pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia tertentu.

BACA JUGA:  Pasar Kaki Langit, Keunikan Pasar Sekaligus Wisata di Sisi Timur Yogyakarta

Kemudian Melansir dari buku Strategi Komunikasi dalam Bisnis (2020) karya P. Eddy Sanusi Silitonga, komunikasi lintas budaya adalah proses pengalihan ide atau gagasan suatu budaya kepada budaya lain dengan tujuan saling mempengaruhi.

Komunikasi bisnis lintas budaya merupakan suatu komunikasi dalam bisnis baik secara verbal maupun non – verbal dengan memperhatikan budaya suatu daerah, wilayah dan negara. Dengan mempelajari pemahaman lintas budaya kita dapat memahami perilaku seseorang untuk melakukan komunikasi yang efektif sehingga terjalin hubungan baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemahaman lintas budaya sangat penting dalam dunia bisnis.

BACA JUGA:  Grogi Saat Public Speaking? Lakukan Ini agar Tetap Pede

Melihat perkembangan zaman dan era perdagangan bebas maupun globalisasi yang ada pada saat ini , pemahaman lintas budaya sangat berperan besar dalam dunia bisnis, dengan mengerti pemahaman lintas budaya kita dapat memperluas kerabat maupun rekan bisnis yang terdapat di luar daerah bahkan sampai ke luar negeri. Pemahaman lintas budaya dapat meningkatkan keterampilan anda untuk membuka dan memperluas peluang bisnis maupun karir anda.

BACA JUGA:  Manajemen Risiko Keuangan Pribadi

Kita semua memiliki beberapa hambatan dalam komunikasi lintas budaya, dari mulai Bahasa, budaya, persepsi, non-verbal dan lain -lain. Dengan mempelajari pemahaman lintas budaya kita dapat menghilangkan beberapa hambatan dalam komunikasi lintas budaya tsb. Ketika hambatan tersebut hilang maka anda akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan bisnis maupun karir anda.

Dena Setya Rini
Mahasiswa Universitas pamulang Prodi Akuntansi S1

Pos terkait