Pentingnya Strategi Komunikasi Bisnis Era Digitalisasi Pada Media Belanja Online

DEPOK POS – Belanja melalui media online merupakan cara lain yang ditawarkan oleh teknologi komunikasi yaitu internet dengan berbagai macam kemudahan yang diberikan, seperti kemudahan waktu dalam melakukan pekerjaan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu. Seiring dengan berkembangnya zaman yang ada semua tidak dapat dipungkiri adanya.

Terutama yang mengalami perubahan perkembangan zaman dengan sangat cepat yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Hal yang paling mendasari utama yaitu dengan adanya teknologi internet yang dimiliki, berbagai sektor pun pada akhirnya menyesuaikan munculnya teknologi terutama pada bisnis. Sebelum adanya zaman digitalisasi ini dunia bisnis masih menggunakan cara tradisional dalam mempromosikan suatu produk atau jasa.

Besarnya pengguna internet di Indonesia merupakan potensi ekonomi digital nasional, sehingga muncul e-commerce, toko online dan bisnis lainnya yang berbasis teknologi komunikasi/internet yaitu dengan mengembangkan aplikasi khusus belanja online yang dapat di download dan diinstal melalui smartphone.

Dengan adanya digitalisasi sekarang ini sangat memberikan kemudahan bagi para penggunanya, terutama dapat menggunakan media sosial untuk promosi dan pengembangan bisnis. Berbagai macam media online yang digunakan untuk promosi yaitu Instagram, Facebook, WhatsApp, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Mengenal Peran Penting Content Writer dalam Dunia Digital

Didalam media tersebut orang dapat menemukan media belanja online yang tersedia diantaranya Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Orang pasti sudah sangat mengenal media belanja online yang ada seperti contohnya jika kelak mereka ingin belanja melalui shopee maka yang diingat yaitu aplikasi dengan warna mayoritas orange, jika ingin belanja diakhir bulan maka aplikasi yang dibuka yaitu tokopedia supaya dapat voucher gratis ongkir maupun cashback lainnya yang tersedia.

Zaman sekarang ini pasti sudah banyak orang yang berbelanja online menggunakan media online tersebut, karena pada zaman pandemi Covid-19 dimulai semua orang dengan otomatis melakukan pembelanjaan melalui media online supaya tidak terjadi kontak secara langsung dengan orang banyak.

Strategi komunikasi bisnis di era digitalisasi saat ini sangat penting, dikarenakan dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan produk atau jasa yang diperjualbelikan. Dengan adanya strategi bisnis yang dimiliki, maka setiap media belanja online yang ada dapat bersaing dengan semestinya. Penjualan produk atau jasa yang dilakukan di media belanja online dapat meyakinkan pembeli melalui review atau penilaian dari para pembeli yang sudah melakukan transaksi jual-beli.

BACA JUGA:  Potensi dan Tantangan Inklusi Perencanaan Keuangan Islam di Indonesia

Akan tetapi didalam dunia bisnis yang berskala kecil, menengah maupun besar, orang yang berkecimpung di dalamnya (para pelaku bisnis) tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi. Dengan adanya media baru seperti online shop, banyak yang memanfaatkannya untuk berbisnis, ini adalah salah satu bentuk komunikasi melalui media jejaring social yang ada.

Adapun yang menjadi keuntungan dalam strategi komunikasi bisnis media belanja online yaitu :

⦁ Memberikan kemudahan dari segi waktu yang ada, karena dapat berbelanja tanpa harus bertatap muka
⦁ Para pembeli dapat memilah maupun memilih produk atau jasa yang hendak dilakukan transaksi jual-beli
⦁ Terdapat banyak variasi yang didapatkan, misalnya terkait harga maupun kualitas produk atau jasa yang hendak dibeli
⦁ Pembeli dapat berinteraksi atau bertanya kepada penjual, melalui fitur live chat maupun chat secara pribadi dengan admin olshop tersebut
⦁ Dengan belanja online juga kita mendapat keuntungan berupa potongan harga maupun biaya gratis kirim
⦁ Banyak variasi dalam melakukan pembayaran yang disediakan
Ada juga yang menjadi kelemahannya yaitu :
⦁ Suka terjadi ketidaksesuaian antara gambar yang ada dengan barang yang datang (dibeli)
⦁ Karena banyaknya keraguan dalam belanja online, banyak orang juga memilih untuk belanja secara langsung
⦁ Banyak juga orang yang belum mahir dalam menggunakan teknologi internet yang ada, walaupun zaman sudah semakin canggih

BACA JUGA:  Prinsip-prinsip Etika Bisnis Syariah

Meskipun belanja melalui media online sudah terjadi dimana-mana, namun tidak semua online shop menggunakan komunikasi bisnis melalui Internet dengan cara yang sama dan tepat sasaran. Strategi pemasaran melalui bisnis media online kenyatannya cukup sulit dalam menembus pasar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena begitu banyak perbedaan konsumen di Indonesia mulai dari cara berbelanja, mengapresiasikan suatu produk, promosi penjualan, keadaan ekonomi, perbedaan budaya dan perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendir bagi Online Shop.

Lina Carolina
Mahasiswi Universitas Pamulang
Prodi Akuntansi S1

Pos terkait