Pentingnya Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Penjualan

DEPOK POS – Komunikasi bisnis menjadi salah satu strategi yang dipilih oleh pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial instagram, salah satunya adalah penjualan seblak. Siapa yang tidak mengenal jajanan seblak? Jajanan kuliner tradisional yang sedang ramai ini bahkan menjadi salah satu jajanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, terutama perempuan.

Seblak, adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat, dengan aneka isian varian kerupuk, batagor, siomay, batagor cuanki, makaroni, sambel/bumbu seblak, bawang kering dan penyedap rasa dengan ciri khas bumbunya adalah kencur. Saat ini untuk menikmati seblak tidak harus datang ke Bandung, karena sekarang ada kemasan seblak instan yang sangat mudah ditemukan dan bahkan sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Seiring dengan perkembangan trend jajanan tradisional, banyak pelaku usaha yang memiliki ide untuk memasarkan penjualan seblak ini dengan cara dikemas secara instan agar mudah dikonsumsi oleh para pecinta seblak. Cara penyajiannya pun mudah, cukup dimasak menjadi satu dan seblak siap untuk dinikmati.

BACA JUGA:  Menyelamatkan Bumi : Strategi Peduli Lingkungan untuk Masa Depan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, instagram menjadi salah satu media yang dimanfaatkan pelaku usaha sebagai media promosi dalam meningkatkan penjualan seblak untuk menjangkau pasar yang luas. Melihat besarnya peluang pemasaran produk, maka sangat penting dilakukan komunikasi bisnis pada aplikasi Instagram. Strategi komunikasi bisnis ini dapat berhasil dengan menentukan sasaran pemasaran di awal planning. Segmentasi pasar yang beragam dan luas perlu dibuat spesifik, sebagai contoh seblak instan ini ditargetkan untuk perempuan. Setelah melakukan segmentasi pasar, kemudian dilanjutkan dengan strategi komunikasi bisnis. Strategi ini diawali dengan mengenali fitur apa saja yang terdapat di Instagram yang dapat memaksimalkan penjualan seblak instan. Fitur yang bisa digunakan dalam proses komunikasi bisnis diantaranya yaitu upload foto, caption, like, hashtag, comment, direct message, maupun tag lokasi. Fitur tersebut dapat digunakan sebagai media promosi produk seblak instan.

BACA JUGA:  Penerapan Manajemen pada Pasar Swalayan

Selain itu, dalam upaya komunikasi bisnis perlu memperhatikan bentuk pesan yang ingin disampaikan. Dalam hal ini, agar penjualan seblak yang dipasarkan melalui Instagram dapat menarik minat konsumen untuk membelinya, para pelaku usaha diharapkan mampu meyakinkan konsumen terkait dengan kualitas produk seblak instan yang dijual secara berkala dan terencana dengan cara mengirim pesan kepada customer atau membuat pesan dengan singkat, padat, dan jelas dengan tujuan customer dapat merasa istimewa.

Setelah menjalankan strategi komunikasi bisnis melalui Instagram di atas, tahap selanjutnya dapat dilakukan promosi. Pada tahap ini perlu dilakukan branding produk yang tepat, branding ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi produk seblak instan secara detail baik lewat gambar maupun deskripsi. Para pelaku usaha juga perlu memikirkan strategi penjualan dengan memberikan harga-harga promo yang menarik atau diskon kepada konsumen. Pada proses branding juga perlu memperhatikan tampilan produk, produk seblak instan ini harus ditampilkan semenarik mungkin agar membangkitkan minat konsumen untuk membeli.

BACA JUGA:  5 Tradisi Orang Betawi Sebelum Ramadan

Strategi komunikasi bisnis dalam meningkatkan penjualan seblak instan ini menjadi hal yang sangat penting dilakukan melihat begitu besarnya peluang untuk melakukan strategi bisnis melalui platform Instagram. Instagram sebagai salah satu media yang sangat populer dalam proses pemasaran produk tentunya menjadi kesempatan besar bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka.

Amelia Gita Safira Salsabila, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi, Jurusan Audit

Pos terkait