Peran Komunikasi Bisnis pada Digital Marketing

Peran Komunikasi Bisnis pada Digital Marketing

MAJALAH JAKARTA – Dalam bisnis, komunikasi adalah hal yang sangat penting dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan. Tanpa komunikasi yang baik, maka masalah akan timbul, mulai dari karyawan, pelanggan, hingga keuntungan mulai menurun.

Pengertian Komunikasi Bisnis menurut para ahli :

Purwanto (2003), mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antar dua orang, kelompok kecil, atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.

Djoko Purwanto, mendefinisikan komunikasi Bisnis yaitu sebuah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

William C. Himstreet Dan Wyne Murlin Baty, mendefinisikan komunikasi Bisnis yakni salah satu pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan bertukar informasi dalam bisnis dengan menyampaikan suatu pesan – pesan yang melibatkan dua orang atau lebih di dalam satu lingkungan yang dapat mempengaruhi perilaku di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bisnis di dalam organisasi tersebut.

BACA JUGA:  Minimnya Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Dunia Pendidikan

Oleh karenanya, bisnis harus bisa menjalin komunikasi yang efektif sehingga target tercapai. Hal tersebut perlu didukung dengan implementasi teknologi komunikasi dan informasi yang tepat.

Seiring dengan kemajuan teknologi, begitu pula tren bisnis. Salah satunya adalah tren pemasaran digital. Menerapkan digital marketing merupakan hal yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk suatu brand. Tujuan pemasaran digital adalah untuk menarik konsumen dan pelanggan potensial dengan cepat.

Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat tinggi, sehingga tidak mengherankan jika pemasaran digital menjadi pilihan terbaik untuk bisnis. Karena itu, perusahaan saling bersaing untuk membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran mereka di dunia maya.

Pengertian digital marketing menurut para ahli :

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009). Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

BACA JUGA:  Cyberbullying, Mengubah Dunia Digital Menjadi Tempat yang Aman

Kleindl dan Burrow (2005). Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Heidrick & Struggles (2009). Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh

Sehingga dapat disimpulkan, digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Yang memiliki tujuan untuk menjangkau semua kalangan yang menggunakan internet.

Digital marketing memiliki peranan krusial pada menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih simpel dibandingkan metode pemasaran tradisional. Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga bisa membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan menggunakan sistem kenaikan pangkat pasif.

BACA JUGA:  Pengaruh Keluarga Harmonis terhadap Kesehatan Mental Anak

Selain itu, komunikasi dalam dunia digital dapat terjadi secara dua arah sehingga perusahaan juga dapat mendengarkan pendapat konsumen dan respon mereka. Ini juga termasuk sangat penting karena biasanya komentar para netizen bisa berefek besar pada kelangsungan bisnis Anda. Seperti yang kita ketahui, komentar di sosial media memiliki jangkauan yang sangat luas. Sekali user berkomentar miring terhadap bisnis Anda, maka keunggulan yang Anda miliki akan tertutupi.

Dengan sistem pertukaran informasi yang seperti ini, hubungan antara konsumen dan Anda sebagai pebisnis akan lebih baik, lebih dekat, dan lebih interaktif daripada sebelumnya. Dari hubungan ini. bisnis Anda juga bisa berkembang bahkan melebihi yang Anda bayangkan dengan catatan bisnis Anda haruslah bagus dan baik dalam memberikan pelayanan kepada usernya.

Jadi seperti itulah peran dari digital marketing kepada Komunikasi Bisnis yang sangat penting di jaman sekarang yang semuanya serba digital.

Muhamad Fauzi
Mahasiswa Universitas Pamulang
Prodi S1 Akuntansi

Pos terkait