Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi Bisnis

DEPOK POS -Pada hakikatnya internet pada saat ini digunakan sudah menjadi hal yang umum dan biasa pada dunia bisnis. Tentunya dengan penggunaan internet sangat membantu aktivitas secara cepat. Penggunaan internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, seperti :

1. pemasaran
2. penjualan
3. pelayanan pelanggan.

Manfaat internet dalam pemasaran produk dan pelayanan menjadi proses yang interaktif saat ini. Situs Web perusahaan atau para pebisnis bukan hanya sekedar menyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan konsumen secara online.

Internet juga dapat dijadikan media untuk melakukan bisnis, maka kemudian berkembanglah apa yang dikenal dengan istilah bisnis online (online shop). Dengan bermodalkan sebuah situs yang dirancang untuk bisnis online maka bisnis yang dilakukan melalui dunia maya (online) sudah dapat berlangsung. Peluang bisnis non konvensional ini langsung direspon oleh berbagai pihak, ada pihak yang memang serius terjun ke bisnis online namun banyak juga yang sekedar mencoba-coba bahkan tidak sama sekali mencoba. Dengan adanya Bisnis online yang tumbuh mulai dari skala kecil sampai skala besar kini banyak masyarakat yang memanfaatkan media internet tersebut. Di antara perusahaan yang sukses mendunia yang melakukan bisnis lewat internet adalah salah satunya bisnis amazon.com yang sering dijadikan contoh Ideal kesuksesan dari sebuah bisnis online.

BACA JUGA:  Mitigasi Kecelakaan Perahu Nelayan

Bisnis online melalui Internet pada dasarnya merupakan bisnis yang menjanjikan mengingat pasarnya adalah pengguna Internet yang tersebar di Indonesia dan seluruh dunia. Namun dalam praktiknya banyak kendala-kendala yang menghambat perkembangan bisnis online. Salah satu contohnya yaitu masalah keamanan dalam melakukan transaksi online. Masih banyak orang yang ragu apakah transaksi pembayaran online yang dilakukannya benar-benar aman, Meskipun situs bisnis online tersebut sudah menggunakan sistem pengamanan yang canggih seperti SSL Secure namun tidak dapat 100% meyakinkan konsumen bahwa transaksi telah berlangsung dengan aman.

BACA JUGA:  Risiko Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Peranan Internet dalam dunia bisnis yang sangat signifikan adalah berubahnya konsep pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan mulai memanfaatkan internet sebagai ajang promosi ke seluruh penjuru dunia dengan membuat sebuah situs resmi perusahaan. Situs perusahaan umumnya menampilkan Company profile, produk yang dijual dan berita menyangkut aktivitas perusahaan. Perusahaan juga menyediakan fasilitas email bagi orang yang hendak menghubungi perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar bahkan perusahaan yang lebih kecil pun memiliki situs karena membuat sebuah situs tidaklah sulit dan biayanya relatif terjangkau.

Menurut James R. Situmorang Internet menjadi New media yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut dapat disebabkan oleh, pertama yaitu pengguna Internet di seluruh dunia sangat banyak yang diperkirakan tahun 2020 ini berjumlah 2 milyar orang dan yang kedua yaitu Internet menyediakan aplikasi yang sangat beragam yang memungkinkan orang melakukan bermacam kegiatan di Internet, seperti situs jejaring sosial, game online, blog, bisnis Online, konferensi video, e-books, koran online, forum chatting online, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Sepenting Apa Quality Time Bersama Keluarga?

Internet bukan hanya sebagai media komunikasi bisnis saja akan tetapi internet bermanfaat bagi segala aspek. Internet sangat penting untuk sekarang diera digital (milenial) karena pada hakikatnya baik anak muda maupun para orang tua sudah banyak sekali yang menggunakan internet terkhususnya mereka yang berbisnis secara online. Para pengusaha yang memiliki bisnis online sudah pasti menggunakan internet, bagi mereka internet adalah point utama dalam menjalankan bisnisnya jika tidak ada internet kemungkinan bisnis mereka tidak akan terealisasikan.

Dea Rosdiana
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi, Universitas Pamulang

Pos terkait