Perayaan Ulang Tahun Anak Tahanan: Kapolres Samosir Menerapkan Azas Kemanusiaan

MJ, Samosir – Dengan semangat kemanusiaan, Kapolres Samosir memberikan izin kepada tahanan TS untuk merayakan ulang tahun anaknya yang ke dua di Ruang Sat Tahti Polres Samosir pada Rabu sore, 21/02/24, sekitar pukul 16:00.

Suasana haru meliputi acara yang berlangsung sederhana, di mana tahanan TS, ayah dari anak yang merayakan ulang tahun, menjalani hukuman tanpa dapat mendampingi keluarganya setiap hari.

BACA JUGA:  Polres Pematangsiantar Tampung Curhat Warganya Lewat Minggu Kasih

Acara berjalan lancar, dan anak tersangka dirawat oleh istri dan mertua TS. Kasat Tahti Saut.H. Siahaan menyampaikan bahwa di hadapan Tuhan, mereka semua adalah manusia, sementara mereka sementara waktu ditempatkan di tempat khusus untuk merenungkan perbuatan mereka yang melanggar hukum.

Kehadiran Sat Tahti di acara tersebut memberikan dorongan untuk tahanan sadar akan tindakannya, dengan harapan agar perbuatan tersebut tidak terulang. Perayaan ulang tahun anak tahanan ini berlangsung pada jam besuk tanggal 24/01/24 di RTP Polres Samosir.

BACA JUGA:  SatRes Narkoba Polres Pematang Siantar Mengungkap Kasus Narkoba

Saat akhir jam besuk, anak tahanan TS menangis, enggan berpisah dengan ayahnya. Dengan rasa kemanusiaan, Kasat Tahti memberikan waktu tambahan guna melepas rindu sang anak kepada ayahnya. Pengakuan TS bahwa anaknya berulang tahun pada tanggal 21/2/24 yang genap dua tahun menjadi dasar ekstra waktu yang diberikan.

BACA JUGA:  Kurangi Bising, Polres Tapteng Razia Pengguna Knalpot Brong

Dengan tali asih dan rasa peduli, Kasat Tahti Siahaan merespons kebutuhan ini sebagai bagian dari tugas pelayanan Polri terhadap masyarakat. Inisiatif ini, yang mendapat persetujuan Kapolres Samosir, mencerminkan kepekaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan di tengah realitas kehidupan tahanan.

Pos terkait