Peringati Hari Bumi, 40 Pemuda Berbagai Negara Tanam Mangrove Bersama Miss Internasional Jasmine Selberg

MAJALAHJAKARTA.ID – Dalam rangka merayakan Hari Bumi, Asia Youth Green Action Summit 2023, konferensi lingkungan bergengsi yang didedikasikan untuk keterlibatan pemuda dan pembangunan berkelanjutan, dengan bangga mengumumkan kolaborasinya dengan Miss International, kontes kecantikan internasional yang terkenal, untuk inisiatif penanaman bakau khusus.

The Asia Youth Green Action Summit 2023 adalah program aksi lingkungan tahunan yang bertujuan untuk memberdayakan dan memobilisasi para pemimpin muda untuk mengatasi tantangan lingkungan yang mendesak di kawasan Asia. Program ini merupakan platform untuk berbagi pengetahuan, berkolaborasi, dan mengembangkan solusi inovatif untuk masa depan yang berkelanjutan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Youthnow Asia, Green Edelweiss Foundation, Yayasan Puteri Indonesia, PT Eco Regions, dan Yayasan Studec Internasional melalui program yang diberi nama Asia Youth Action Summit 2023. Kegiatan yang berlangsung dari 18-19 Mei di Jakarta ini menyatukan para pemimpin muda, aktivis lingkungan dari seluruh daerah di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara, serta pemangku kepentingan dari berbagai sektor di Indonesia untuk mengatasi tantangan lingkungan di bidang restorasi bakau dan mempromosikan solusi inovatif untuk menyelamatkan ekosistem laut di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi inspirasi, sedangkan pada hari kedua, mereka mengikuti sesi konferensi dan workshop dalam membuat proyek keberlanjutan lingkungan secara berkelompok.

BACA JUGA:  Anindya Bakrie Bertekad Tingkatkan Prestasi Raihan Medali Indonesia

Di dalam acara ini, Miss International 2022, Jasmin Selberg bersama Global Goals Youth Ambassador, Vina Anggi Sitorus, mempromosikan kesadaran lingkungan sebagai mitra kampanye penanaman mangrove. Upaya bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran penting ekosistem mangrove dalam mitigasi perubahan iklim, melestarikan keanekaragaman hayati, dan menjaga masyarakat pesisir.

Selama Asia Youth Green Action Summit 2023, para peserta memiliki kesempatan unik untuk bekerja bahu membahu dengan pemegang gelar Miss International 2022 yang telah menjadi advokat berpengaruh untuk masalah lingkungan. Kampanye dalam kegiatan tersebut mencakup sesi pendidikan tentang pentingnya mangrove, peran mereka dalam memerangi perubahan iklim, dan pentingnya melestarikan habitat pesisir. Peserta akan secara aktif terlibat dalam penanaman pohon bakau, dipandu oleh pakar lingkungan dan Miss International 2022.

BACA JUGA:  Dharma Wanita Persatuan Kemenlu, Berikan Bantuan Dana Pendidikan

Koordinator kegiatan, Ibu Vivi, menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki penting sebagai gerakan massif yang dapat menginspirasi pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia. Dia menyatakan bahwa peringatan Hari Relawan Dunia harus diisi dengan program yang berdampak positif terhadap lingkungan, sebagai upaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2030. Harapannya, kegiatan ini dapat dilanjutkan setiap tahunnya secara berkala, dengan seleksi 50 pemuda berprestasi dari ratusan pendaftar yang dilakukan oleh panitia. Para alumni program ini juga akan diberikan penghargaan sebagai “The Green Hero Ambassador”. Lebih lanjut, beliau menyatakan, “Kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Miss International untuk menekankan pentingnya restorasi hutan bakau dan menginspirasi kaum muda untuk mengambil tindakan nyata dalam pelestarian lingkungan. Dengan menggabungkan upaya kami, kami bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan mendorong praktik berkelanjutan di kalangan generasi muda.”

BACA JUGA:  Nama "Betawi" berasal dari kata "Batavia" yang lama kelamaan berubah menjadi "Batavi", dari kata "Batawi" lalu kemudian berubah menjadi "Betawi"

Jasmin Selberg, Miss International 2022, menyatakan kegembiraannya atas inisiatif bersama ini, “Mangrove memainkan peran penting dalam melindungi pantai kita dan memerangi perubahan iklim. Saya senang menjadi bagian dari Asia Youth Green Action Summit 2023 dan bekerja sama dengan para pemimpin muda menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.”. Global Goals Youth Ambassador sekaligus shareholder PT Eco Regions, Vina Anggi Sitorus juga sempat memberikan pesan motivasi kepada para peserta untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan inspiratif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar sehingga akan semakin banyak orang yang terinspirasi.

Pos terkait