Perlunya Sadar Tentang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

DEPOKPOS – Krusial untuk ibu hamil jika tidak menjaga kesehatan diri dari sejak dini karena bisa membahayakan janin dan ibunya. Maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat terutama pola makanan.

Salah satu kondisi kesehatan saat hamil amat penting untuk acuan ibu hamil agar makan sehat. Berbagai asupan makanan bergizi harus terpenuhi bagi ibu hamil agar janin yang didalam kandungan berkembang dengan baik dan sehat.

BACA JUGA:  Mencegah Burnout pada Mahasiswa, Tips Tetap Bersemangat dan Fokus

Buat para ibu, mengonsumsi makanan bergizi bisa meningkatkan nutrisi, stamina, menjauhi bahayanya komplikasi kehamilan dan mengatur berat badan selama hamil agar sehat.

Lebih dari itu, ibu hamil bahwa mengonsumsi makanan bergizi dapat terlepas mengenai depresi selama hamil. Alasannya, mengonsumsi makanan bergizi menstabilkan mood ibu selama kehamilan.

Berikut ini makanan bergizi untuk menjaga kesehatan janin yang dikandunganya beserta ibunya :

⦁ Konsumsi makanan berprotein tinggi semacam dada ayam, daging, telur rebus
⦁ Konsumsi bervitamin C, semacam papaya, stroberi, jeruk, brokoli dll
⦁ Konsumsi yang kaya akan kalsium, semacam susu, yoghurt, sayur-sayuran berwarna hijau
⦁ Mengonsumsi yang kaya akan zat besi, semacam Buah apricot, jagung, roti gandum, beras merah, dan sayur hijau-hijauan
⦁ Mengonsumsi yang menyimpan lemak sehat, semacam tahu, yoghurt, keju, minyak zaitun
⦁ Mengonsumsi yang menyimpan asam folat, semacam Kubis, asparagus, kacang-kacangan, pisang

BACA JUGA:  Cegah Asam Urat dengan 5 Tips Ini

Sedangkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, menjauhi daging yang kurang masak, bagian hewan lain dan makanan instan yang tinggi akan lemak trans selagi ibu hamil melakukan system hidup sehat. Selain itu jauhi ikan-ikanan dan seafood yang kaya merkuri semacam halnya tenggiri, tuna, cumi-cumi, tiram dan kepiting.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Darah Rendah Beserta Penanganannya

Ibu yang mengandung kiranya memeriksakan diri secara rutin dan berkala ke dokter dan puskesmas terdekat.

Ratih Dewi
Universitas Binawan

Pos terkait