Permudah Masyarakat Dapatkan Informasi Terkait Pertanahan dan Tata Ruang, Begini Alur Permohonan Melalui Website ppid.atrbpn.go.id

Permudah Masyarakat Dapatkan Informasi Terkait Pertanahan dan Tata Ruang, Begini Alur Permohonan Melalui Website ppid.atrbpn.go.id

MJ, Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berkomitmen dalam mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait pertanahan dan tata ruang. Salah satu platform yang mendukung terwujudnya keterbukaan informasi tersebut yaitu melalui situs web ppid.atrbpn.go.id.

“Kepada masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkait pertanahan dan tata ruang, masyarakat dapat mengakses situs web di ppid.atrbpn.go.id. Dengan itu masyarakat bisa mendapatkan informasi dari mana pun dan kapan pun, sesuai lokasi dan kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Lampri dalam keterangannya, Selasa (06/02/2024).

BACA JUGA:  ISI Surakarta Tawarkan Dirikan Kampus Seni Banyuwangi

Berbagai informasi tersedia di dalam website tersebut. Di antaranya yang terkait dengan pelayanan pertanahan dan tata ruang, kebijakan, program atau kegiatan yang dijalankan Kementerian ATR/BPN, struktur organisasi, hingga kalender kegiatan.

Kepala Biro Humas menjelaskan, alur dalam permohonan informasi melalui situs web ppid.atrbpn.go.id dimulai dengan registrasi yang dilakukan oleh pemohon. Pemohon dapat mengisi informasi biodata yang tertera. Lalu, registrasi dapat dilakukan pada menu Ajukan Permohonan.

BACA JUGA:  Groundbreaking Polres Khusus Kawasan IKN, Kapolri Pastikan Komitmen Kawal Kebijakan Presiden

“Setelah itu, akan dilakukan verifikasi akun oleh admin kami, dan pemohon akan mendapatkan pemberitahuan saat akun sudah diverifikasi. Jika sudah, masyarakat dapat login melalui menu Ajukan Permohonan,” tambahnya.

Lebih lanjut Lampri menjelaskan, setelah login masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi dengan klik tombol Ajukan Informasi yang berwarna biru. “Pada tahapan ini, pemohon harus mengisi form secara lengkap. Jika sudah, pemohon dapat mengirim permintaan informasi dengan klik tombol Submit berwarna biru,” terang Kepala Biro Humas.

BACA JUGA:  200 Warga Parigi Moutong Akhirnya bisa Melihat Normal Kembali

Langkah selanjutnya, Kepala Biro Humas mengatakan bahwa tim PPID Kementerian ATR/BPN akan memproses permohonan informasi tersebut dalam waktu singkat. Ia juga menyebut bahwa tim admin akan menyampaikan tanggapan, jawaban atau pun dokumen informasi kepada pemohon dalam waktu 10+7 hari kerja.

“Dengan begitu, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor kami untuk mendapatkan informasi. Semua informasi bisa didapatkan melalui website yang kami buat untuk mempermudah masyarakat,” jelas Kepala Biro Humas.

Pos terkait