Pers Siber Indonesia (PSI) Lampung resmi terbentuk

MJ, Lampung Utara – Delapan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pers Siber Indonesia kabupaten/kota yang ada di Lampung resmi terbentuk.

Delapan DPC PSI itu, DPC PSI Tanggamus, DPC PSI Lampung Selatan, DPC PSI Kota Bandar Lampung, DPC PSI Kota Metro, DPC PSI Kabupaten Tulang Bawang, DPC PSI Kabupaten Pesawaran, DPC PSI Kabupaten Lampung Utara dan DPC PSI Pesisir Barat

Terbentuknya pengurus DPC PSI kabupaten/kota se Lampung itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PSI yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PSI Khairul mewakili Ketum DPP PSI Hi.Taswin Hasbullah,M.M.M.H, Sabtu 6 Januari 2024 di Hotel Kyriad M2 Lampung.

BACA JUGA:  Perbaikan Jalan di Pantura Pati - Rembang Dihentikan Hingga Nataru, Arus Lalu Lintas Mulai Lancar

Sebelum penyerahan SK kepada jajaran PSI kabupaten/kota, Ketua Umum DPP PSI memberikannya arahan kepada jajaran DPC PSI kabupaten/kota.

Dalam pengarahannya, Taswin Hasbullah mengatakan bahwa dibentuknya PSI sebagai wadah perkumpulan yang menjadi tempat berkembang dan tumbuhnya jurnalis siber di nusantara sehingga yang berpegang teguh pada Undang-undang pokok pers yaitu UU No 40 tahun 1999 dan juga kode etik jurnalistik.

“PSI akan menjadi wadah bagi jurnalis siber dan pegiat media sosial. PSI juga siap menjadikan anggotanya wartawan yang profesional dan berpegang pada kode etik jurnalistik. Setiap anggota PSI juga siap memerangi penyebaran berita hoak di era serba digital seperti sekarang ini,”ujar Bang Taswin sapaan akrab Taswin Hasbullah.

BACA JUGA:  Tim Wasops OMB 2023 - 2024 Polda Jateng Lakukan Pengawasan di Polres Grobogan

Dijelaskan Bang Taswin bahwa program kegiatan dan kebijakan PSI, antara lain pendidikan wartawan melalui workshop dan uji kompetensi wartawan (UKW), pendirian LBH Pers Siber Indonesia. Lalu pendirian Bidang Olahraga Wartawan Siber, sekolah jurnalistik yang bekerjasama dengan sekolah dan perguruan tinggi,pembentukan komisi etik siber, dan penyusunan kurikulum kompetensi yang berjenjang.

“PSI akan menjadi organisasi alternatif bagi wartawan bukan sebagai kompetitor bagi organisasi lainnya yang telah terbentuk. Dan dalam waktu dekat DPP PSI akan dideklarasikan di Jogjakarta,”pungkasnya.

Berikut Pengurus DPC PSI Kabupaten/Kota yang mendapatkan SK.

BACA JUGA:  Banjir Demak Semakin Parah : Genangan Air Setinggi Truk

1.DPC Tanggamus, Ketua Arka Tuni , Sekretaris Andriansyah.
2.DPC Pesawaran Ketua, Bimantara
3.DPC Kota Bandar Lampung Ketua Deka Agustina,
4.DPC Lampung Selatan,Ketua Rendi,
5.DPC Metro Ketua Muhammad Richardo 6.DPC Tulang Bawang, Ketua Rahmat Sanico.
7.DPC Lampung Utara Ketua Pranki Saputra
8.DPC Pesisir Barat Try Sutrisno.

Dalam kesempatan itu,Taswin Hasbullah berpesan kepada seluruh jajaran PSI untuk terus bersemangat dalam membesarkan organisasi.

“Saya sudah mendapat banyak dukungan mengenai pembentukan PSI. Dukungan diberikan oleh petinggi Disway yang merupakan media grup dari Dahlan Iskan serta didukung oleh beberapa organisasi pers siber yang ada di Indonesia,” pungkasnya.

Pos terkait