Pj Bupati Pati Tekankan Pentingnya Penegasan Batas Desa Di Kecamatan Pati Dan Kecamatan Juwana

MJ, Jateng – Bertempat di Ruang Penjawi, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Senin (4/12), menghadiri penandatanganan peta dan berita acara penegasan batas desa di Kecamatan Pati dan Kecamatan Juwana.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Plt Kepala DPUPR, Kepala BPN, Camat Juwana dan Pati, serta para Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Pati dan Juwana.

BACA JUGA:  Sat Binmas Polres Pematang Siantar Laksanakan Pojok Pemilu, Himbau Warga Tetap Jaga Kamtibmas Yang Kondusif Jelang Pemilu 2024

Henggar dalam sambutannya menyampaikan bahwa penetapan dan penegasan batas desa merupakan hal yang sangat penting dan strategis. Menurutnya, batas wilayah desa merupakan batas administratif yang memisahkan satu desa dengan desa lainnya.

Pada tahun 2023 ini, imbuh Pj Bupati, Pemerintah Kabupaten Pati menargetkan untuk menyelesaikan penetapan dan penegasan batas desa di beberapa wilayah Kabupaten Pati, hingga kedepannya diharapkan bisa diwujudkan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Pati.

BACA JUGA:  Sugeng Riyanta Jenguk Edyanto Simatupang Pasca Pengeroyokan Hari Pemilu 2024

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan seluruh unsur terkait, yaitu Camat, Kepala Desa, Lurah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Informasi Geospasial, dan unsur lainnya.

“Harapannya, seluruh unsur terkait dapat bekerja sama dan bersinergi dalam pelaksanaan penetapan dan penegasan batas desa ini”, tambahnya.

BACA JUGA:  Dukung Event F1H20, TNI Polri Gotong Royong Bersama Di Kota Balige

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya penetapan dan penegasan batas desa, akan tercipta tertib administrasi pemerintahan, dan juga dapat memberikan kejelasan

dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa, mencegah terjadinya konflik antar desa, serta mempermudah pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa.

Pos terkait