Polres Blora Mengamankan Pelaku Penipuan dengan Janji PNS

MJ. Blora, Jawa Tengah – Polres Blora berhasil mengamankan seorang warga Desa Nglebur, Jiken, yang diduga melakukan penipuan dengan iming-iming bisa menjadikan korban sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pelaku yang diketahui bernama Kinasih (45) telah menipu korbannya hingga mencapai jumlah uang sebesar Rp 302,5 juta.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kasi Humas Polres Blora, AKP Sugiman, pada tanggal 2 April. Pihak kepolisian sebelumnya telah melakukan penyelidikan terhadap kasus yang dilaporkan ke Polres Blora atas dugaan tindak pidana penipuan. Kejadian ini terjadi pada bulan Januari 2022 di rumah seorang warga Tempurejo, Kecamatan Blora.

BACA JUGA:  Polsek Siantar Barat Berhasil Tangkap Pelaku Penganiayaan

Menurut keterangan Kanit Tipidum Satreskrim Polres Blora, Iptu Moh Junaidi, pelapor adalah seorang ibu dari dua korban yang dijanjikan oleh tersangka bisa menjadi PNS. Korban-korban ini mengalami kerugian materiil yang signifikan akibat dari tindakan penipuan tersebut.

Pelaku, Kinasih, menawarkan kepada korban bahwa anak-anak mereka akan diloloskan menjadi pegawai di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Namun, janji tersebut ternyata hanyalah tipuan semata.

BACA JUGA:  Kapolres Pematang Siantar Pimpin Refleksi Akhir Tahun 2023 Dan Outlook 2024

Dalam proses penyidikan, Polres Blora berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti termasuk screenshot percakapan antara pelapor dan terlapor, kwitansi pembayaran uang sebesar Rp 20 juta, serta berkas persyaratan pendaftaran atas nama korban-korban yang dijanjikan. Total uang yang berhasil dikumpulkan oleh pelaku dari korban mencapai Rp 302,5 juta.

BACA JUGA:  Ramadhan Tiba, Kapolres Salatiga Imbau Pedagang Agar Waspadai Peredaran Uang Palsu di Pasar Raya I

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. Selain itu, tersangka juga dilaporkan oleh korban lain atas kasus penggelapan yang masih dalam proses penyidikan.

Meskipun pelaku tidak langsung ditangkap, namun ia telah dipanggil sebagai tersangka dan menunjukkan kerjasama dengan pihak kepolisian dalam proses penyelidikan kasus ini. Demikian yang disampaikan oleh Humas Polres Blora.

Pos terkait