Polres Pematangsiantar Hadiri Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara di TPS

MJ, Pematangsiantar – KBO Sat Intelkam Polres Pematangsiantar IPTU HAPOSAN SIALLAGAN mewakili Kapolres pematang siantar, hadiri kegiatan simulasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan Aplikasi Si Rekap pada tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman Kantor Sarana Prasarana Dinas PUTR Kota Pematangsiantar Jln. Porsea Kel. Teladan Kec. Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Selasa tanggal 30 Januari 2024, sekira pukul 07.00 wib s/d Selesai

Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 dilaksanakan sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 dan surat undangan KPU Kota Pematang Siantar Nomor : 355/PP.01.8-Und/1272/2024 perihal undangan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024.

BACA JUGA:  Lima Program Abdon Nababan Diperjuangkan Jika Terpilih Lewat PEMILU 2024

Dalam kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 yang yang menjadi petugas KPPS dan pemilih adalah TPS 5 Kel. Teladan Kec. Siantar Barat dan yang menjadi Saksi adalah anggota PPK dan PPS.

Adapun yang menjadi Pemilih adalah warga sekitar Kelurahan Teladan dengan jumlah undangan sebanyak 192 orang dengan perincian 188 orang Pemilih DPT, 2 orang Pemilih DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan 2 Orang Pemilih DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) namun yang hadir untuk menggunakan hak suara pada simulasi sebanyak 70 orang pemilih dengan perincian 66 orang DPT, 2 orang DPK dan 2 orang DPTb.

Untuk Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 menggunakan surat suara khusus untuk kegiatan Simulasi dengan menunjukkan 36 (tiga puluh enam tahapan) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA:  "PJ Bupati Pati Memimpin Pelantikan dan Sumpah Janji PNS dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Pati"

Kegiatan ini juga merupakan langkah dari KPU untuk mengenalkan dan memberikan bimbingan teknis tata cara pengoperasian Aplikasi Si Rekap kepada PPK, PPS, dan KPPS. Aplikasi Si Rekap sendiri memiliki fungsi sebagai alat bantu penghitungan suara yang terhubung dengan server KPU RI, memungkinkan tabulasi suara secara langsung.

KBO Sat Intelkam Polres Pematangsiantar IPTU HAPOSAN SIALLAGAN mewakili Kapolres pematang siantar mengapresiasi kegiatan simulasi ini sebagai langkah proaktif dalam memastikan kelancaran proses pemilihan umum mendatang. Ia menekankan pentingnya peran petugas pemilihan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan demokrasi.

BACA JUGA:  Kepolisian Republik Indonesia Peringati Hari Kesadaran Nasional dengan Khidmat

Dengan berakhirnya simulasi ini, diharapkan semua pihak terlibat dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan kesiapan dan kelancaran proses pemilihan umum pada tahun 2024 di Kota Pematangsiantar khususnya pemilih pemula, mengenai teknis tata cara pemungutan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam Kegiatan Tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Kota Pematangsiantar KPU Kota Pematangsiantar, Bawaslu Kota Pematangsiantar, Perwakilan Parpol peserta Pemilu, Ketua dan anggota PPK dari 8 kecamatan se-Kota Pematangsiantar, Ketua PPS dari 53 Kelurahan se-Kota Pematang Siantar dan Warga kelurahan Teladan sebanyak 192 orang (sebagai Pemilih).

Humas P Saintar

Pos terkait