Polres Tulang Bawang Deklarasikan 8 Kampung Damai Pemilu di Provinsi Lampung

Polres Tulang Bawang Deklarasikan 8 Kampung Damai Pemilu di Provinsi Lampung

MJ, TULANG BAWANG – Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, kembali membuat sejarah dengan mendeklarasikan 8 Kampung Damai Pemilu. Pada hari Jum’at (02/02/2024), inisiasi ini dimulai dengan pembentukan Kampung Damai Pemilu pertama di Provinsi Lampung, yakni Kampung Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang.

Perbedaan pilihan pada Pemilu diakui sebagai hal yang biasa, namun Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai, terutama dalam menghadapi tahap kampanye Pemilu 2024 yang tengah berlangsung.

BACA JUGA:  Kapolres Pematang Siantar Pimpin Refleksi Akhir Tahun 2023 Dan Outlook 2024

“Kampung Damai Pemilu yang secara masif dibentuk ini bertujuan untuk menyamakan komitmen dan ikrar seluruh warga masyarakat guna mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang aman, damai, dan sejuk,” ujar AKBP James H Hutajulu pada konferensi pers Jum’at (09/02/2024).

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa Pemilu, sebagai pesta demokrasi, harus didukung oleh semua elemen masyarakat, menjadi alat pemersatu bangsa, bukan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:  Gerebek Narkoba di Pemukiman Padat, Bantaran Rel KA Kawasan Tembung

Dalam proses pembentukan Kampung Pemilu Damai, Kapolres menjelaskan beberapa kriteria yang harus dimiliki, seperti keanekaragaman suku, agama, budaya, ras, moderasi beragama tinggi, serta komitmen dan ikrar untuk mendukung Pemilu yang aman dan sejuk.

Kabupaten Tulang Bawang, yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur, kini memiliki total 9 Kampung Damai Pemilu setelah dideklarasikan 8 kampung baru. Kampung-kampung tersebut antara lain Gedung Karya Jitu, Pendowo Asri, Batang Hari, Panca Tunggal Jaya, Purwa Jaya, Ujung Gunung Ilir, Kahuripan Dalem, dan Sidoharjo.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Banjar Selesaikan Perkelahian Pelajar Melalui Problem Solving

AKBP James menambahkan bahwa 9 Kampung Damai Pemilu yang terbentuk akan tetap menjadi pilot project setelah Pemilu 2024, memperkuat semangat Kampung Kerukunan di Kabupaten Tulang Bawang.

Pos terkait