Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Tiga Negara Asean

MJ, Jakarta – Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu, 14 Januari 2024, sekitar pukul 14.00 WIB, usai melakukan kunjungan ke tiga negara ASEAN. Tampak menyambut Presiden di bawah tangga pesawat yakni Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, sekitar pukul 13.00 waktu setempat (WS) atau 12.00 WIB. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Jakarta yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

BACA JUGA:  Pemerintah Dorong Kolaborasi dan Sinergi dalam Akselerasi Penyaluran KUR

Dalam rangkaian lawatan ke tiga negara ASEAN, Presiden Jokowi mengawali kunjungannya ke Filipina. Di sana, Presiden Jokowi menghadiri sejumlah acara mulai dari acara kenegaraan bersama Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. hingga menerima kunjungan kehormatan Menteri Transportasi dan Menteri Pertahanan Filipina.

“Alhamdulillah rangkaian kunjungan bilateral yang dilakukan atas undangan Presiden Filipina, Presiden Marcos Jr telah selesai. Dan kemarin acara kenegaraan bersama Yang Mulia Presiden Marcos Jr juga berjalan dengan lancar,” ujar Presiden dalam keterangannya di Hotel Peninsula, Manila, pada Kamis (11/1) lalu.

BACA JUGA:  Parah! Bupati Meranti Pakai Dana Hasil Korupsi untuk Biaya Nyalon Cagub Riau

Setelah Filipina, Kepala Negara beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Vietnam. Di Hanoi, Presiden Jokowi mengikuti sejumlah kegiatan kenegaraan dan melakukan pertemuan dengan para pemimpin Vietnam. Presiden pun mengapresiasi sambutan hangat dari Vietnam selama rangkaian kunjungan kerjanya di sana.

“Saya amat sangat terkesan dengan kehangatan rangkaian kegiatan kunjungan saya di Vietnam dan juga termasuk jamuan makan malam tadi malam oleh Presiden Thuong yang menunjukkan ini eratnya hubungan kedua negara juga masa depan kerja sama ke depan yang sangat menjanjikan,” kata Presiden saat menghadiri jamuan santap pagi oleh Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh di Hotel Melia, Hanoi, pada Sabtu (13/1) lalu.

BACA JUGA:  Ketua KPU Hasyim Asy’ari Ikut Konferensi Pers Terkait Kesehatan Petugas Pemilu

Presiden Jokowi mengakhiri rangkaian kunjungannya ke tiga negara ASEAN dengan mengunjungi Brunei Darussalam. Di Bandar Seri Begawan, Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah pebisnis Brunei Darussalam serta memenuhi undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah yaitu Pangeran Abdul Mateen.

Pos terkait