Prodi Teknik Grafika PNJ Gelar Pelatihan UMKM Dodol Betawi di Depok

Prodi Teknik Grafika PNJ Gelar Pelatihan UMKM Dodol Betawi di Depok

Dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM Dodol Betawi juga diberikan bantuan berupa mesin pencetak dodol lengkap dengan 1.000 kemasan.

DEPOK – Program Studi Teknik Grafika Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar pelatihan kemasan untuk para pelaku UMKM Dodol Betawi di Beji, Depok pada Kamis (10/11/2022).

Dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM Dodol Betawi juga diberikan bantuan berupa mesin pencetak dodol lengkap dengan 1.000 kemasan.

BACA JUGA:  Rancang Struktur Bangunan Beeophile, Mahasiswa UI Menang di Ajang Internasional

Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ Wiwi Prastiwinarti mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Prodi Teknik Grafika dalam menjalankan kewajiban Tridharma,” ujar Wiwi, Kamis (10/11/2022).

Melalui pembinaan dan bantuan yang diberikan, Wiwi berharap pelaku UMKM dapat meningkatkan harga jual. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat, Rachmah Nanda Kartika.

BACA JUGA:  Alumni dan Guru Besar Unair Soroti Pelemahan Demokrasi Jelang Pilpres 2024

“Tahun ini fokusnya pada pembuatan kemasan custom agar dapat meningkatkan harga jual makanan tradisional khas Betawi, serta untuk memperluas pemasaran salah satu caranya dengan memperbaiki kualitas kemasan,” jelas Rachmah.

Bantuan ini mendapat respon positif dari para pelaku UMKM Dodol Betawi, salah satunya Maryati, pemilik UMKM Dodol Betawi Haji me2y.

BACA JUGA:  Kampus Sehat dan Berkarakter Melalui Implementasi Sport Science

Maryati menjelaskan, berkat adanya pelatihan ini ia bisa lebih cepat dalam mengemas dodol buatannya.

“Sebelumnya kami membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses cetak dodol, dengan adanya bantuan ini kami bisa lebih cepat dalam mencetak dan mengemas dodol, alat yang diberikan sangat mudah untuk kami gunakan, hasil cetakan kemasannya bagus,” kata Maryati. [Adhita Dian]

Pos terkait