Program Pre-University FIA UI Wujudkan Pendidikan Inklusif

Program Pre-University FIA UI Wujudkan Pendidikan Inklusif

DEPOK POS – “Sebagai fakultas yang menempati posisi lima besar ASEAN pada Survei QS World University Ranking by Subject 2022 dalam bidang Social Policy and Administration serta peringkat 51-100 di dunia, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI) selalu berkomitmen untuk menjadi fakultas yang terus memberikan pembelajaran inklusif bagi setiap individu yang ingin menimba ilmu di FIA,” kata Dekan FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, M.M., dalam acara kunjungan SMA Yasporbi ke FIA UI, pada Kamis (29/09). Pada kesempatan itu, ia menjelaskan tentang Program Pre-University FIA UI yang merupakan wujud dari aktualisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu tujuan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tersebut adalah untuk mendorong masyarakat umum agar dapat memperoleh pendidikan yang inklusif dan merata di seluruh universitas di Indonesia. Selain itu, program Pre-University FIA UI juga merupakan perwujudan dari Sustainable Development Goals (SDGs) keempat, yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua,” ujar Prof. Dr. Chandra.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Peneliti UI Raih Pendanaan Riset Inovatif Produktif

Pre-University FIA UI adalah program non-gelar yang diselenggarakan FIA UI untuk memberi kesempatan pada para siswa-siswi atau lulusan SMA/Sederajat mengikuti perkuliahan di FIA UI secara online. Selain mendapatkan kesempatan belajar, peserta juga akan memperoleh ”tabungan” Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat ditransfer saat melanjutkan studi program sarjana di FIA jika mata kuliah yang diambil mendapatkan nilai minimal B.

BACA JUGA:  Mapala UI Suarakan Gerakan Pariwisata dan Pendakian Ramah Lingkungan

“Pre-U FIA ini merupakan sebuah program unggul, karena didukung oleh sumber daya manusia (SDM) dosen yang mumpuni, fasilitas yang juga berkualitas, dan tentunya kurikulum pembelajaran yang benar-benar sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Prof. Chandra.

Sebanyak 70 siswa dan 10 pendamping dari SMA Yasporbi, Jakarta Selatan, tersebut diterima oleh Sekretaris Pimpinan FIA UI, Dr. Umanto, S.Sos, M. Si., dan Kepala Hubungan Masyarakat FIA UI, Debie Puspasari, MPA. Kepala Sekolah SMA Yasporbi, Robi Kurniawan, S.IP., mengungkapkan ketertarikan mereka pada program pre-university tersebut. “Kami berterima kasih dengan segala sambutan yang luar biasa dari FIA UI. Sembilan puluh persen dari siswa kami ingin masuk ke UI, termasuk FIA UI,” kata Robi.

BACA JUGA:  Dosen Magister Manajemen Universitas Mercu Buana Beri Seminar Pengembangan UMKM

Pada kesempatan kunjungan itu diadakan juga talkshow bersama tiga mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Adminsitrasi Niaga, dan Ilmu Administrasi Fiskal. Ketiga mahasiswa tersebut memberikan pemaparan terkait dengan seputar kehidupan sebagai mahasiswa FIA UI dan tips agar dapat diterima menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. []

Pos terkait