Ragam Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Apakah selama ini kamu mengetahui bahwa kulit jeruk juga bisa untuk merawat wajah untuk kecantikan

DEPOKPOS – kulit jeruk juga memiliki manfaat bagi kulit. Kulit jeruk mengandung 136 mg vitamin C, lebih tinggi kadar dibandingkan denga nisi buah jeruk tersebut yang hanya mengandung 71 mg. Kulit jeruk juga mengandung flavonoid dan berbagai fitokimia yang penting bagi tubuh.

Jadi, siapa menyangka, bagian yang biasa dibuang itu ternyata memiliki manfaat untuk tubuh, khususnya perawatan kecantikan. Bila Anda memiliki kebiasaan untuk membuang kulit jeruk, kini kamu bisa pikirkan kembali karna kulit jeruk juga bisa merawat kecantikan.

BACA JUGA:  Anda Pecinta Makanan Pedas? Lengkapi Pengetahuan tentang GERD

Yuk mari simak cara memilih jajanan yang sehat.

Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang juga terkandung dalam kulit jeruk nyatanya baik untuk mencerahkan kulit serta membuatnya kian bersinar. Tidak heran jika banyak produk perawatan yang berbahan dasar buah oranye ini.

Namun, penggunaannya tidak bisa terlalu banyak karena kulit jeruk juga memiliki asam sitrat. Kandungan ini dapat menyebabkan efek panas serta iritasi pada kulitmu.

Mengangkat sel kulit mati

Kulit seringkali menghasilkan sel mati yang membuatnya terasa kasar dan berubah warna menjadi lebih gelap. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan eksfoliasi, misal menggunakan kulit jeruk.

BACA JUGA:  10 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Rubuh dan Kulit

Kalsium dan flavonoid diketahui mampu meregenerasi sel kulit mati. Dengan begitu, kondisinya yang kusam dan kasar dapat diganti oleh yang baru serta lebih sehat.

Mengurangi komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat menjadi dua masalah kulit yang memicu rasa kurang percaya diri. Penyebabnya sendiri dikarenakan pori-pori yang tersumbat, hormon, atau asupan tertentu.

Debu, kotoran, dan bekas riasan yang masih menempel pada kulit juga merupakan penyebab dari pertumbuhan jerawat serta komedo. Biasanya, komedo banyak timbul pada hidung, pipi, dahi, dan dagu.

BACA JUGA:  Salihara Jazz Buzz 2023: Pertukaran Tanpa Batas antara Dua Generasi

Mengecilkan pori pori

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat kotor karena terlalu banyak menangkap polusi. Anda bisa mengecilkan pori-pori di wajah dengan menggunakan jeruk. Anda hanya perlu perlu mengoleskan jus jeruk atau masker jeruk ke wajah, biarkan selama beberapa menit sebelum membilas dengan air dingin.

Setelah itu kamu akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Selain mengecilkan pori-pori, jeruk juga bisa mengangkat komedo yang membandel.

Asril Gunawan

Pos terkait