Rapat di Istana Negara: Pj Gubernur Sumatera Utara Laporkan Persiapan PON Aceh-Sumut Lancar tanpa Kendala Serius

Rapat di Istana Negara: Pj Gubernur Sumatera Utara Laporkan Persiapan PON Aceh-Sumut Lancar tanpa Kendala Serius

MJ. Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Dr. Hassanudin, menghadiri rapat penting bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (13/6).

Rapat tersebut membahas persiapan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diadakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Hassanudin melaporkan berbagai kemajuan yang telah dicapai dalam persiapan PON XXI. Ia menegaskan bahwa hingga saat ini, tidak ada kendala serius yang menghambat persiapan.

“Pada bulan Juni ini, persiapan PB PON Sumut telah memasuki fase persiapan akhir,” jelas Hassanudin. Fase ini, lanjutnya, difokuskan pada akselerasi penyelesaian pembangunan venue, pengadaan peralatan pertandingan, penyiapan sumber daya manusia (SDM) untuk event, logistik, medis, keamanan, teknologi informasi (IT), pemasaran, media, hingga seremonial.

BACA JUGA:  Ada Ronaldo dan Kaka, Ini Daftar 30 Pemain Timnas U-20

Hassanudin juga menekankan pentingnya manajemen anggaran yang disiplin dan efisien. “Terkait hal tersebut, kami tetap disiplin dalam manajemen anggaran yang tertib administrasi dan efisien. Persiapan-persiapan akhir, Insya Allah, tidak ada kendala yang serius,” ujarnya.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan berlangsung pada 8 September 2024, tinggal menghitung hari. Pada rapat terbatas di Istana Negara, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menekankan pentingnya memastikan semua persiapan berjalan sesuai jadwal.

“Rapat terbatas siang hari ini melanjutkan pembahasan mengenai persiapan penyelenggaraan PON XXI yang akan dilaksanakan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara pada tanggal 8-20 September 2024. Artinya tinggal 87 hari lagi untuk melakukan persiapan. Saya minta laporannya,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:  Setjen Kemendikbud Ristek : Wujudkan Pembangunan SDM Indonesia yang Unggul dan Berkarakter

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Dr. Hassanudin, dalam laporannya menyampaikan berbagai kemajuan persiapan di Sumatera Utara. Di provinsi ini, akan digelar pertandingan 34 cabang olahraga dengan 527 nomor pertandingan, yang akan berlangsung di 36 venue yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Diperkirakan lebih dari 15 ribu atlet dan official akan bertanding di Sumatera Utara.

Hassanudin juga menjelaskan secara rinci mengenai anggaran pembiayaan penyelenggaraan PON. “PB PON Sumut merencanakan pembiayaan bersumber dari APBD sekitar 61% dan sisanya diharapkan dukungan dari pemerintah pusat melalui APBN,” tegas beliau.

BACA JUGA:  Real Count KPU: Komeng Paling Unggul di DPD Jabar

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat, dan berharap PON XXI dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga di Indonesia dan meningkatkan perekonomian lokal di Aceh dan Sumatera Utara.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan PON XXI, koordinasi dan kolaborasi antara berbagai pihak terus diperkuat untuk memastikan semua persiapan berjalan sesuai rencana dan target yang telah ditetapkan.

Pos terkait