Rayakan Hari Kesehatan Sedunia, Tropicana Slim Gelar #BeatDiabetes2023 Serentak di 36 Kota di Indonesia

Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Dunia pada 7 April yang jatuh di bulan Ramadhan, Tropicana Slim kembali menggelar kampanye #BeatDiabetes2023 untuk menginspirasi masyarakat Indonesia melawan diabetes, melalui edukasi kesehatan dan kuis interaktif bertajuk #BeatDiabetes Warrior, serta inspirasi berbagai pilihan takjil dengan rasa nikmat melalui #BeatDiabetes Delight, yang dilaksanakan serentak di 36 kota seluruh Indonesia.

Program ini merupakan bentuk kolaborasi Tropicana Slim dengan RSCM-FKUI (Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) dan Komunitas Sobat Diabet, serta turut menggandeng berbagai pihak, seperti restoran, kafe, katering, hingga masyarakat umum hingga melibatkan sekitar 20,000 partisipan dari berbagai penjuru tanah air.

Sebagai brand yang telah dipercaya selama hampir 50 tahun oleh para dokter, ahli gizi, diabetesi, dan masyarakat Indonesia yang ingin menjaga kesehatan serta menikmati manisnya hidup lebih lama, program Beat Diabetes menjadi wujud komitmen Tropicana Slim dalam mengajak masyarakat Indonesia agar lebih memahami cara mencegah maupun menangani diabetes.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, “Sejalan dengan tema Hari Kesehatan Dunia 2023, Sehat untuk Semua, Tropicana Slim senantiasa ingin memastikan bahwa produk yang dihasilkan dan inisiatif program yang kami lakukan, dapat mendukung dan menginspirasi gaya hidup sehat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Melalui #BeatDiabetes Warrior, Tropicana Slim berupaya memberikan edukasi kesehatan melawan hoaks dengan cara yang menyenangkan melalui format kuis interaktif berhadiah. #BeatDiabetes Warrior digelar di tiap kota dan dilaksanakan dalam 3 (tiga) babak, yaitu penyisihan, semi final, dan grand final, di mana babak penyisihan telah berlangsung sejak bulan Februari lalu dan grand final akan diselenggarakan secara serentak hari ini.”

BACA JUGA:  Pengaruh Inner Child pada Usia Dewasa Awal

“Selama babak penyisihan, Tropicana Slim bersama Ascensia Diabetes Care memfasilitasi pemeriksaan gula darah gratis kepada para peserta kuis sebagai upaya deteksi dini diabetes. Pemeriksaan gula darah secara dini dan rutin penting kita lakukan mengingat penyakit diabetes yang tidak menunjukkan gejala pada tahap awal.

Apalagi, penyakit diabetes jika tidak dikendalikan dengan baik, dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius. Harapannya, para diabetesi dapat memperoleh penanganan sedini mungkin untuk menghindari timbulnya komplikasi yang mampu memperparah kondisi kesehatannya. Bagi mereka yang terdeteksi pre-diabetes juga bisa ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes,” ungkap Noviana.

Menurut dr. Pratono,M.Epid “Data International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021 menyebutkan Indonesia menempati peringkat ke-5 jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Terlebih 3 dari 4 orang diabetes di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes. Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan, apalagi diprediksi angka penderita diabetes akan terus meningkat hingga 28,6 juta pada 2045. Beredarnya informasi kesehatan yang tidak tepat di tengah masyarakat, termasuk tentang diabetes, tentunya dapat memperburuk kondisi yang ada. Kami sangat mengapresiasi usaha dari Tropicana Slim untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih cerdas dalam menanggapi berbagai isu kesehatan yang beredar di masyarakat dan mengedukasi pencegahan serta penanganan terhadap diabetes yang baik dan benar, khususnya pada bulan Ramadhan ini, salah satunya melalui acara #BeatDiabetes2023 ini.”

BACA JUGA:  Kanker Payudara: Faktor Penyebab, Ciri-ciri dan Pencegahannya

Noviana menambahkan, “Masyarakat Indonesia juga masih beranggapan bahwa ‘makanan sehat itu pasti tidak selezat makanan yang tidak sehat’. Persepsi ini keliru. Melalui #BeatDiabetes Delight, dalam bulan Ramadhan ini Tropicana Slim menghadirkan festival takjil sehat yang bebas gula, tetap dengan rasa yang nikmat, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya diabetesi. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membatasi gula. Tropicana Slim hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir kelebihan asupan gula melalui berbagai produk Tropicana Slim yang bebas gula.” Turut didukung oleh Shopee, pelaksanaan #BeatDiabetes Delight diharapkan dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat terhadap berbagai produk bebas gula Tropicana Slim, yang dapat mendukung pola hidup sehat sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit diabetes.

dr. Pratono,M.Epid, menambahkan, “Selama ini, kita mengetahui bahwa faktor keturunan dan gaya hidup terbukti berkaitan dengan risiko diabetes. Penelitian tahun 2022 menunjukkan bagaimana mereka yang tinggal dekat dengan restoran siap saji ternyata berkaitan dengan risiko terkena diabetes yang lebih tinggi. Sebagai inspirasi untuk menyiapkan makanan dan minuman sehat, Tropicana Slim menghadirkan #BeatDiabetes Delight. yang menyediakan kreasi takjil sehat bebas gula dari berbagai restoran dan café yang berkolaborasi dalam program ini.”

BACA JUGA:  4 Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak Agar tak Bosan

“Salah satu informasi yang sering keliru di masyarakat adalah terkait diabetes yang hanya merupakan penyakit orang tua. Nyatanya, kini semakin banyak kasus diabetes tipe 2 yang terdiagnosis pada usia muda, terutama mereka yang mengalami kelebihan berat badan. Pola hidup sehat menjadi kunci utama dalam mencegah dan menurunkan risiko diabetes. Penelitian pada The American Journal of Clinical Nutrition (2020) menemukan bahwa menjalankan pola hidup sehat dapat berkaitan dengan penurunan tingkat kejadian diabetes hingga 60%. Adapun yang termasuk ciri pola hidup sehat dalam penelitian ini adalah memiliki berat badan dan lingkar pinggang normal, tidak merokok, memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi, menjalankan pola makan sehat (tinggi konsumsi sayur, buah dan bijian utuh namun rendah konsumsi dagingnya),” pungkas dr. Pratono,M.Epid

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia menambahkan, “Shopee sangat senang sekali dapat ikut berpartisipasi dalam kampanye #BeatDiabetes2023 bersama dengan Tropicana Slim. Sebagai platform e-commerce kesayangan masyarakat Indonesia, kami ingin menjadi bagian dari perjalanan masyarakat dalam mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, dengan menyediakan makanan dan minuman sehat secara praktis Kami harap kedepannya, Shopee dapat senantiasa memberikan akses yang lebih mudah untuk semua lapisan masyarakat Indonesia dalam menjangkau berbagai kebutuhan hidup sehat.”

Pos terkait