Rooftop Kantor Wali Kota Jaktim Jadi Sarana Uji Coba Pembibitan

MAJALAH JAKARTA – Rooftop seluas 1.000 meter persegi di atas area parkir Gedung Kantor Wali Kota Jakarta Timur, dijadikan sarana untuk uji coba pembibitan dan pembenihan berbagai macam jenis tanaman. Mulai dari sayur mayur, pohon produktif hingga tanaman obat keluarga.

Menurut Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur, Ali Nurdin, program pembibitan dan pembenihan di rooftop ini sudah berjalan sejak Juli 2022 silam, dengan penanaman Melon Golden Alisa.

BACA JUGA:  Tanggul Swadaya Warga Efektif Atasi Banjir

“Hasilnya ternyata cukup bagus, sehingga kita coba kembangkan dengan tanaman lainnya, seperti bunga dalam pot (Tambulapot), Mangga, Jeruk dan Jambu. Juga ada Cabai, Terung ditanam dalam polibag dan hidroponik. Hasilnya juga cukup bagus,” papar Ali, Senin (30/1).

BACA JUGA:  Hadiri Munas Dai Rantau Minang, Ini Pesan dan Harapan KH Bachtiar Nasir

Disebutkan Ali, saat ini di pihaknya juga sudah banyak melakukan uji coba penanaman berbagai jenis tanaman.di rooftop ini. Misalnya, menanam Padi dengan cara menabur biji gabah tanpa dilakukan penyemaian benih terlebih dulu. Kemudian, menanam Strawbery, Kol, Kubis dan lainnya.

“Pola penanaman di rooftop ini bisa diadopsi masyarakat. Tidak perlu pekarangan atau halaman luas. Namun halaman sempit pun bisa dimanfaatkan untuk penanaman,” ungkap Ali.

BACA JUGA:  Depok Kini Punya 118 Lokasi WiFI Gratis

Untuk ke depannya, ungkap Ali, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan teknologi. Misalnya untuk penyiramannya menggunakan sistem irigasi tetes, atau menggunakan sistem internet off Things (IOT).

“Namun yang terpenting saat ini adalah bagaiman perawatannya bisa maksimal. Baik untuk budidaya maupun pengendali hamanya,” pungkas Ali.

Pos terkait