RSCM Masuk Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

JAKARTA – Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo berhasil menduduki peringkat 36 “The Most Reputable Academic Medical Center 2023”.

Pemeringkatan ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Brand Finance, konsultan strategi independen terkemuka di dunia yang didirikan tahun 1996. Berkantor pusat di London dan tersebar di lebih dari 20 negara.

Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk menentukan reputasi rumah sakit dilakukan melalui wawancara yang melibatkan dokter, ahli bedah, dan penyedia layanan kesehatan lainnya. Wawancara dilaksanakan di 47 negara di semua benua, dengan melibatkan 50 AMCs dan 2500 tenaga kesehatan profesional.

BACA JUGA:  Satu Pembegal Sepeda Motor Dihakimi Warga

Wawancara ini untuk mengetahui proses perawatan pasien, penelitian medis, serta pelatihan dan pendidikan yang mencerminkan keseluruhan layanan rumah sakit. Setelah menilai reputasi keseluruhan, selanjutnya dibagi menjadi 3 pilar utama yakni Investasi (25%), Ekuitas (50%) dan Kinerja (25%). Hasilnya, RSCM berhasil meraih skor 68,7% dan masuk ke peringkat ke-36 dunia.

BACA JUGA:  Pdt. Arthur Kaunang S.Th : Saat Ini Yang Saya Rasakan Tuhan ada di Dalam Saya dan Saya Ada di Dalam Dia

Direktur Utama RSCM, dr. Lies Dina Liastuti menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan. Menurutnya, capaian ini merupakan tolak ukur, amanah sekaligus tantangan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan agar layanan kesehatan di Indonesia lebih baik lagi. Penghargaan ini merupakan bukti awal transformasi kesehatan yang dijalankan saat ini untuk memperkuat layanan rujukan.

BACA JUGA:  Ketua Kelompok Tani Kampung Bayam Masih Ditahan di Polres Jakut, Tim Kuasa Hukum: Kami Percaya Bareskrim Polri Akan Bertindak Arif dan Adil Sesuai Prinsip PRESISI POLRI

“Alhamdulillah, penghargaan yang telah kita raih merupakan buah manis dari kerja keras Kementerian Kesehatan. Raihan ini tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam berkreasi ke depannya. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” katanya.

Selain RSCM, ada juga RS akademik Universitas Gadjah Mada, RS Hasan Sadikin Bandung, dan RS Akademik Universitas Indonesia yang masuk peringkat Top 250 AMS 2023.

Pos terkait