Sambut Pilkada 2024, KPU Jombang Siapkan 1.933 TPS

MJ. Jombang – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah mempersiapkan 1.933 tempat pemungutan suara (TPS). Saat ini, KPU tengah melakukan pemetaan TPS.

Ayatullah Khunaini, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Jombang, menjelaskan bahwa jumlah TPS untuk Pilkada Jombang kali ini lebih sedikit dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya yang mencapai 3.858 TPS. Meskipun demikian, jumlah TPS untuk Pilkada masih bisa berubah.

BACA JUGA:  Pelaku Pemukulan Anggota DPRD Malaka Ignas Fahik Ditahan

“Jumlah TPS untuk Pilkada bisa berubah setelah dilakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian), meskipun jumlah TPS antara Pemilu dan Pilkada sangat jauh berbeda. Ini bukan berarti pengurangan, tetapi memang ada perbedaan regulasi jumlah pemilih tiap TPS antara Pilkada dan Pemilu. Kami selalu mengacu pada aturan yang dikeluarkan KPU,” jelas Ayatullah Khunaini.

Sebagai informasi, KPU RI telah menggelar uji publik rancangan peraturan KPU (PKPU) tentang peraturan daftar pilih di Pemilihan Gubernur hingga Wali Kota Pilkada Tahun 2024. Dalam peraturan tersebut, jumlah maksimal pemilih untuk setiap TPS adalah 600 orang.

BACA JUGA:  Polres Tanah Karo Tingkatkan Pengamanan di Kantor PPK Kecamatan Menjelang Sidang Pleno Pemilu 2024

KPU Kabupaten/Kota akan menyusun formulir model A daftar pemilih berdasarkan data basic sentralisasi dengan membagi pemilih untuk setiap TPS maksimal 600 orang.

Jumlah pemilih ini dua kali lebih banyak dari ketentuan saat Pemilu Pilpres Tahun 2024 yang maksimal 300 orang dalam satu TPS. Peraturan ini tetap memperhatikan beberapa hal, seperti tidak menggabungkan desa/kelurahan ke TPS yang berbeda, serta tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga.

BACA JUGA:  Pembagian BLT-DD Tahun 2024 Menguatkan Ekonomi Desa Mulya Agung, Lampung

Sementara itu, jumlah daftar penduduk potensial pemilih (DP4) di Kota Santri tercatat sebanyak 1.021.228 pemilih.

Dengan persiapan yang matang dan pemetaan yang sedang berlangsung, KPU Kabupaten Jombang optimis dapat menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan lancar dan sukses.

Pos terkait