Satgas Pangan Polres Tapteng Cek Harga dan Stok Beras Jelang Bulan Puasa dan Hari Lebaran

MJ, Tapteng – Personel Polres Tapanuli Tengah Polda Sumut melakukan pengecekan stok pangan dan harga beras di gudang Bulog Cabang Sibolga guna memastikan ketersediaan beras (sembako) agar tetap stabil pasca Pemilu 2024 dan jelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah.

Plt Kadis Perdagangan Tapteng dan staf, Ps. Bersama Kanit Ekonomi Satreskrim Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) turut didampingi dari pihak Bulog Kantor Cabang Sibolga di Gudang Bulog Sarudik Kab. Tapteng, Jum’at (1/3/2024) siang.

Dari informasi Kapolres Tapteng melalui Kasat Reskrim Polres Tapteng AKP Arlin Harahap, S.H., M.H, menyampaikan, hasil kunjungan ini, Satgas Pangan melihat secara langsung kondisi dan ketersediaan serta memastikan harga beras sesuai dengan ketentuan harga pemerintah. “Bila ada pelanggaran harga dari ketentuan pemerintah, petugas tegas akan mengambil tindakan terhadap pelanggaran atau bentuk kecurangan dalam pendistribusiannya di lapangan,” tegas Kasat Reskrim Arlin Harahap.

BACA JUGA:  Polsek Siantar Barat Sukses Selesaikan Kasus Pencurian dengan Pendekatan Problem Solving

Hari ini personel Polres Tapteng, bersama Disperindag dan Bulog telah melakukan pengecekan ketersediaan beras di Gudang Bulog Cabang Sibolga dan dalam waktu dekat ini tim Satgas Pangan Tapteng kembali sidak di pasar guna memantau pendistribusian dan memastikan ketersediaan pangan di pasar menjelang Ramadhan 1445 H,” ujar dia.

BACA JUGA:  Kapolres Sambangi Kantor GANN Tanjung Balai dalam Upaya Perangi Narkoba

Selain untuk memantau ketersediaan beras, kegiatan ini juga bertujuan untuk perlindungan segala bentuk kebutuhan pangan konsumen, termasuk untuk mencegah terjadinya penimbunan bentuk penyelewengan pangan oleh oknum-oknum tertentu untuk keuntungan pribadi.

“Dari hasil pengecekan di lapangan, menunjukkan ketersediaan beras di Bulog kondisi aman dan beras selalu mencukupi menjelang hari raya dan bulan Ramadhan nantinya,” jelas Kasat Reskrim.

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik, tetap tenang, tidak menimbun stok beras dalam jumlah besar, atau pedagang mencoba menimbun beras.

BACA JUGA:  Hendri Kades Ketuan Jaya Bantah Klaim Pengadaan Wifi dan Kambing Tanpa Dokumen Resmi

Karena harga beras sudah ditentukan pemerintah, dengan harga eceran tertinggi Rp.11.500,- per kilogram untuk beras medium, dan harga beras premium dapat bervariasi karena panen padi para petani tidak bersamaan di beberapa lokasi pertanian pangan, dipastikan secara umum harga beras relatif stabil,” tutup Kasat Reskrim.

Kegiatan yang dilakukan Satgas Pangan Polres Tapteng memberikan jaminan akan ketersediaan beras serta stabilitas harga menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Lebaran bagi masyarakat Tapteng dan sekitarnya.

Pos terkait